Bandung Ditetapkan Sebagai Kota Solidaritas Asia Afrika

Nasional / 24 April 2015

Kalangan Sendiri

Bandung Ditetapkan Sebagai Kota Solidaritas Asia Afrika

daniel.tanamal Official Writer
2771
<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-fareast-language:EN-US;} </style>

Hari ini 24 April, selain menjadi hari terakhir dan ditutupnya peringatan 60 tahun Konferensi Asia-Afrika, juga ditetapkan sebagai Hari Solidaritas Asia Afrika. Hal ini ditetapkan oleh pemerintah Indonesia melalui Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

Retno menyatakan penetapan ini merupakan upaya mengukuhkan penetapan kota Bandung sebagai ibu kota solidaritas Asia-Afrika. "Bandung sudah lama dikenal sebagai ibu kota Asia-Afrika sudah lama, maka upaya kita hanya untuk mengukuhkan," kata Retno seusai rangkaian acara peringatan 60 tahun KAA di Jakarta, Kamis (23/4).

Dalam kesempatan tersebut, Retno juga memaparkan rencana pembangunan Pusat Asia-Afrika. Namun hingga saat ini belum dipastikan di mana pusat tersebut akan dibangun. "Itu nanti akan dibangun...tetapi kami tidak terikat dulu pada satu bangunan dulu yang fix. Itu sambil berjalan," ujar Retno.

Retno memaparkan bahwa rencana tersebut akan ditindaklanjuti dengan berbagai program yang akan dijalankan di sana, seperti program kerja sama Selatan-Selatan yang menjadi tema besar dalam peringatan 60 tahun KAA. "Ini juga sebenarnya bukan hal yang baru bagi Indonesia karena Indonesia sudah sangat aktif di dalam pelaksanaan kerjasama Selatan-Selatan," kata Retno.

Perhelatan peringatan 60 tahun KAA akan dilanjutkan di Bandung pada Jumat (24/4). Peringatan 60 tahun KAA di Bandung akan diisi beberapa agenda, diantaranya napak tilas dari Hotel Savoy Homann menuju Gedung Merdeka via Jalan Asia Afrika, pidato Presiden Republik Indonesia dan kepala negara yang mewakili Asia dan Afrika serta penandatanganan Pesan Bandung.



Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami