Artikel Pembaca : Serabi Notosuman, Kue Bersejarah Cita Rasa Nusantara
Sumber: Jawaban.com

Entertainment / 23 April 2015

Kalangan Sendiri

Artikel Pembaca : Serabi Notosuman, Kue Bersejarah Cita Rasa Nusantara

Lori Official Writer
17367
Setiap pecinta kuliner nusantara pasti sudah tahu akan kue serabi. Kue serabi adalah cemilan yang berasal dari tepung beras yang dicampur dengan santan, gula, ragi, dan bahan lainnya. Kue serabi memiliki macam-macam jenis di nusantara contoh nya serabi jakarta, serabi arab, serabi solo, serabi notosuman, dan lain-lain. Setiap serabi memiliki tekstur dan ciri khas nya masing-masing. Namun kesamaan dari tiap-tiap serabi adalah rasanya yang gurih dan manis dan menyatu pada tiap gigitan pertamanya.

Serabi notosuman adalah serabi yang terkenal di kota solo. Serabi ini hanya memiliki dua rasa yaitu polos dan cokelat. Serabi polos hanya mengandung rasa manis dan gurih yang merupakan hasil dari pemberian gula dan santan. Sedangkan serabi cokelat mengandung coklat mesir di pinggir sisi-sisi nya. para pembuat serabi notosuman sengaja hanya membuat dua rasa, karena berdasarkan pengalaman mereka dengan membuat variasi rasa seperti nangka, vanila, durian, akan menghilangkan cita rasa serabi notosuman itu sendiri. serabi ini terbuat dari beras cianjur dengan kualitas terbaik dan tidak mengandung bahan pengawet sehingga serabi ini hanya tahan untuk satu hari. Perbedaan serabi notosuman dengan serabi lainnya adalah tidak diberi nya tambahan gula saat penyajian nya. Hal ini dikarenakan kandungan isi nya sudah manis sehingga tidak perlu ditambahkan pemanis saat penyajiannya.

Serabi notosuman memiliki nilai sejarah yang turun-temurun. Serabi notosuman sudah ada sejak tahun 1923. Perintis nya adalah pasangan Hoo Geng Hok dan Tan Gio Lan. Nama notosuman diambil dari nama jalan di Solo yang sekarang telah berubah menjadi jalan M.Yamin. selain itu, orang dahulu menyebut serabi notosuman adalah serabi Inggris. Alasannya masih simpang siur. Namun ada pendapat yang menyatakan bahwa hal ini dikarenakan cara pembuatan Serabi Notosuman cenderung praktis karena tidak perlu menggunakan cairan gula untuk membuat nya manis.

Bagi penggemar serabi yang memiliki keahlian memasak. Anda tidak perlu jauh untuk pergi ke Solo untuk sekedar mencicipi makanan ini. Resep pembuatan serabi ini tergolong cukup mudah. Alat dan bahan nya pun juga tersedia dimana-mana.

Bahan-bahan :

½ sendok teh soda kue

1 butir kuning telur ayam

100 cc air pandan

250 gram gula cair

500 gram tepung beras

600 cc air matang

750 ml santan kental matang

Tapping sesuai dengan selera

 

Alat yang digunakan :

Kompor gas

Cetakan serabi dari keramik

 

Cara Pembuatan :

1. Buat adonan yang berasal dari tepung beras. Masukkan tepung beras ke dalam baskom. Tuangkan air sedikit demi sedikit, aduk hingga adonan merata.

2. Setelah adonan selesai, masukkan soda kue dan gula cair ke dalamnya. Kemudian aduk hingga merata dan diamkan selama 45 menit. Lalu segera siapkan cetakan serabinya. Dan panaskan cetakan diatas api atau kompor. Juga jangan lupa untuk mengolesi permukaan cetakan dengan minyak goreng agar lengket dengan adonan.

3. Setelah adonan didiamkan selama 45 menit. Adonan ini siap dijadikan adonan utaman bahan serabi. Siapkan satu sendok sayur besar dan kecil. Sendok sayur besar fungsinya untuk menekan bagian tengah serabi agar menghasilkan pinggiran yang tipis. Sendok sayur kecil untuk menuangkan santan kental matang ke dalam adonan. Apabila pembuat menginginkan tapping-tapping kering yang terasa gurih saat digigit. Buka penutup cetakan serabi saat proses pemasakan, taburkan tapping pada permukaan serabi. Tutup kembali cetakan. Lalu tunggu hingga merata. Apabila pada bagian pinggiran serabi yang tipis sudah berubah warna menjadi kecoklatan. Hal ini menandakan kue serabi sudah matang. Lalu segera keluarkan dari cetakkan.

4. Serabi akan lebih nikmat apabila disajikan dalam bentuk hangat.

 

Info Kandungan Gizi :

Serabi notosuman memiliki kandungan gizi yang bagus untuk kesehatan. Kandungan gizinya terdiri dari :

Protein 6,27 g

Energi 450 kkal

Lemak 34 g

Karbonhidrat 35,6 g

Kalsium 22,7 g

Fosfor 83,7 mg

Fe 2,36 mg

Vitamin A, E , B  & B1 0,053 mg

Vitamin C 2,70 mg.

Serabi yang kaya dengan kandungan gizi ini sangat bermanfaat untuk menguatkan tulang dan memperkuat imunitas karena kandungan serabi notosuman kaya akan santan kelapa. Serabi notosuman tidak dianjurkan bagi penderita Obesitas akut, karena kandungan santan kelapa yang tinggi akan dapat menggangu kesehatan anda.

Sumber : William Yohanes
Halaman :
1

Ikuti Kami