7 Teknik Cerdas Belanja Murah di Malioboro
Sumber: Yogyes.com

Travel / 17 April 2015

Kalangan Sendiri

7 Teknik Cerdas Belanja Murah di Malioboro

Lori Official Writer
4053
<!-- endif]-->

Saat berwisata ke Yogyakarta, salah satu aktivitas yang tak akan pernah lekang dari kebiasaan adalah berbelanja. Kemana lagi jika bukan ke Malioboro. Ini adalah salah satu wisata belanja yang terletak di sebelah utara Keraton Yogyakarta.

Selain berbelanja, Malioboro juga menjadi tempat yang menyediakan penginapan bagi para wisatawan dan tersedia juga beragam wisata kuliner di sekitar Malioboro. Nah, untuk mendapat harga wisata yang murah dan nyaman, Anda bisa menerapkan 7 teknik cerdas berikut ini.

1. Rincikan biaya berbelanja terlebih dahulu

Banyak wisatawan yang abai dengan persiapan biaya berbelanja saat berlibur ke Yogyakarta. Padahal, ini adalah hal yang sangat penting mengingat biaya yang Anda miliki sangat menentukan segala pemenuhan kebutuhan wisata dan barang yang bisa Anda beli di sana. Membuat daftar biaya berikut barang-barang yang akan dibeli akan sangat membantu Anda untuk menahan nafsu berbelanja yang berlebihan.

2. Cerdas Menawar Harga

Anda yang ingin sekali mendapatkan harga termurah patut belajar menentukan harga yang tepat. Misalnya dengan menawar harga 50% lebih rendah dari harga awal. Tak usah takut ditolak, karena biasanya pedagang sudah menaikan harga sebesar 20-30% lebih mahal dari harga sesungguhnya. Jadi pintar-pintarlah menawar barang yang Anda inginkan.

3. Jangan tunjukkan kalau Anda wisatawan

Penampilan menentukan harga! Ya, demikian para pedagang memberlakukan konsumennya. Bagi mereka, para wisatawan yang datang dari luar kota atau mancanegara akan dianggap sebagai target. Sehingga mereka akan cenderung akan lebih memasang harga yang jauh lebih mahal daripada mereka yang berpenampilan seperti masyarakat lokal.

4. Gunakan bahasa lokal saat berbelanja

Percaya atau tidak, pedagang yang adalah mayoritas suku Jawa akan lebih akrab dan bersimpati dengan kaum sesamanya. Nah, agar tidak tertipu dengan harga mahal yang mereka patok, pelajarilah setidaknya bahasa etnik yang mereka gunakan untuk melakukan tawar menawar.

5. Bersikap jual mahal

Serupa seperti berbelanja di pasar, teknik ini juga berlaku saat Anda berbelanja di Malioboro. Saat berbelanja, usahakan agar tidak terlihat terlalu mengingini barang tersebut karena pedangang justru mengetahui kelemahan Anda dan tak ingin menurunkan harga yang sudah ditentukannya.  

6. Jangan terfokus hanya pada satu penjual

Ada kalanya Anda akan merasa kecewa karena harga tidak sesuai dengan barang yang Anda hendak beli. Jangan buru-buru kecewa dan menyerah bila pedagang yang Anda temui tampak begitu jual mahal. Toh masih ada banyak pedangang yang menjual barang dengan bahan yang sama persis. Hanya saja dibutuhkan kemauan bagi Anda untuk mau memperbandingkan harga di beberapa toko. Jangan sampai 'lapar mata' dan jangan sampai mengeluarkan uang lebih mahal. Siapa tahu tidak jauh dari situ, ada barang yang cocok untuk Anda dengan harga lebih miring.

7. Pilih rumah makan dengan menerakan harga

Tak hanya berbelanja barang saja, Anda juga butuh teknik untuk mendapatkan harga terjangkau saat wisata kuliner di sekitar Malioboro. Beragam angkringan yang berjejer di pinggiran jalan tentu akan mengundang selera makan Anda. Nah, agar tak tertiou dengan harga-harga makanan yang tersedia pilihlah angkringan yang menyertakan menu dan daftar harganya. Atau tanyakan terlebih dahulu harga setiap porsinya sebelum memutuskan untuk mencicipi beragam angkringan di sana. Sebab jika tidak, Anda akan terkejut saat proses pembayaran harganya tak sesuai dengan apa yang Anda pikirkan sebelumnya. Ada saja rumah makan yang memasang harga mahal karena mengetahui Anda adalah wisatawan.

Menjadi wisatawan memang perlu cerdas dan menyiasati beragam kondisi yang bisa saja ditemui di lokasi wisata. Teknik-teknik berbelanja murah di atas tak hanya berlaku saat berbelanja di Malioboro saja, tetapi juga akan relevan saat Anda berwisata kemana pun. Selamat mencoba dan selamat berwisata seru di Yogyakarta!

Sumber : jawaban.com/ls
Halaman :
1

Hot Topics

  1. Cahaya Bagi Negeri
  2. Tema Paskah 2024
  3. Daily Devotional
  4. Ayat Alkitab
  5. Kisah Nyata

Related Articles

Ikuti Kami