Setelah Menikah Wanita Makin Gemuk. Mitos atau Fakta?
Sumber: Google

Marriage / 12 April 2015

Kalangan Sendiri

Setelah Menikah Wanita Makin Gemuk. Mitos atau Fakta?

Theresia Karo Karo Official Writer
3922
Hal ini ternyata bukan sekedar mitos belaka. Penelitian terbaru membuktikan bahwa memang ada kecenderungan meningkatnya berat badan setelah wanita berganti status menjadi istri. Ternyata tidak hanya wanita, pria juga mengalami kenaikan berat badan. Namun yang berbeda adalah situasinya. Berat badan pria meningkat saat pernikahannya berakhir atau bercerai.

Penelitian ini dilakukan selama 22 tahun, mulai 1986 hingga 2008. Ohio State University telah melakukan studi terhadap 10.000 partisipan dan fokus pada perubahan berat badan pria dan wanita dalam dua tahun pernikahan mereka.

Ketua peneliti, Dmitry Tumin mengatakan, “Hasil penelitian jelas memperlihatkan perubahan tubuh dan berat badan yang terjadi, tidak sama antara pria dan wanita.”

Berdasarkan penelitian, Tumin mengungkapkan bahwa kenaikan berat badan dialami pria saat bercerai. Sedangkan pada wanita berbeda. Kenaikan berat badan dialami justru setelah mereka menikah.

Para peneliti belum bisa menjelaskan sebab fenomena tersebut terjadi dalam keadaan yang bertolak belakang, antara pria dan wanita. Meskipun begitu, mereka memiliki asumsi yang mungkin menjadi alasan perubahan berat badan.

Pertama
Setelah menikah, wanita pada umumnya memiliki tanggung jawab besar untuk mengurus rumah tangganya. Kesibukan inilah yang menyita sebagian besar dan waktunya, sehingga mereka kehabisan waktu untuk memperhatikan penampilan dan menjaga tubuh.

Hal yang sebaiknya terjadi pada pria, mereka yang baru menikah justru terpacu dengan motivasi tinggi dalam menjaga kesehatan. Hal ini dikarenakan perannya sebagai kepala keluarga dan menafkahi keluarganya.

Kedua
Bila selama ini kita berpikir bahwa wanita lebih depresi saat menghadapi perceraian, beberapa penelitian menemukan hal yang berbeda. Pria justru lebih depresi. Sebabnya adalah pria memiliki sifat yang lebih tertutup, sehingga jarang mengekspresikan emosinya. Mereka lebih memilih mengonsumsi makanan untuk melampiaskan kesedihannya.

Ketiga
Atau mungkin saja pria atau wanita yang mengalami kenaikan berat badan setelah menikah, mengalami pergeseran gaya hidup serta kebiasaan pola makan dari saat masih single dulu.

Sumber : Tribunnews/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami