12 Pulau Elok yang Jadi Magnet Wisata di Kepulauan Seribu (Part 2)
Sumber: Blogspot.com

Travel / 9 April 2015

Kalangan Sendiri

12 Pulau Elok yang Jadi Magnet Wisata di Kepulauan Seribu (Part 2)

Lori Official Writer
4251
Kepulauan Seribu menjadi wisata yang diperhitungkan karena mengandung kekayaan yang tak ternilai serta dipandang memiliki potensi besar dalam meningkatkan wisata nusantara.  

Bagi Anda yang hendak berkunjung ke Kepulauan Seribu sebaiknya mengenali sejumlah pulau-pulau elok berikut ini lebih dekat.

6. Pulau Macan

Pulau Macan merupakan sebuah resort bertema eco yang cukup mewah dimana pihak pengelola membatasi tamu yang datang di sana. Jadi, kalau pengen liburan ke tempat ini Anda disarankan melakukan reservasi terlebih dahulu di kantor pemasaran Kepulauan Seribu, Marina Ancol, Jakarta Utara. Pulau Macan terdiri dari dua, yakni Macan Besar dengan fasilitas cottage yang khusus disewakan. Sedang Macan Kecil tidak berpenghuni sama sekali. Anda bisa menikmati liburan dengan snorkeling, menikmati sunrise dan sunset atau mengunjungi pulau Macan Kecil dengan perahu yang sudah disediakan di Macan Besar.

7. Pulau Kelor

Pulau kelor disebut juga dengan Pulau Kherkof  dan hanya berjarak sekitar 1.8 kilometer atau 1 jam naik kapal dari Marina Ancol.  Disebut kelor karena diangap Cuma selebar daun kelor, dilihat dari gambar pulau ini memang benar menyerupai daun. Di sana terdapat Benteng Martello, sebuah benteng bata berbentuk melingkar. Anda bisa melakukan berbagai kegiatan menarik seperti bermain di pantai pasir putih, berkemah atau memancing di pesisir pantai.

8. Pulau Sepa

Pulau Sepa dapat ditempuh sekitar 90 menit atau 65 kilometer dari dermaga Marina Ancol dengan speedboat. Pulau Sepa memiliki keunggulan pada keindahan bawah lautnya yang terjaga. Jadi sangat cocok untuk aktivitas snorkeling atau diving. Keunikan lain Pulau Sepa adalah nuansa tropisnya yang sangat alami dan menyegarkan. Anda juga bisa berjalan-jalan dengan leluasa di sekitar Marine Walk yang dikelilingi dengan ikan-ikan.

9. Pulau Bira

Pulau Bira disebut juga dengan pulau indah yang tersembunyi. Untuk ke sana, Anda perlu menempuh 3 jam perjalanan dari pelabuhan Muara Angke lalu transit di Pulau Pramuka kemudian dilanjutkan dengan berperahu nelayan berukuran kecil dengan jarak tempuh selama 2 jam. Setiba di sana, Anda akan dipuaskan dengan eksotisnya pemandangan sekitar pulau.  Di pulau ini hanya terdapat beberapa rumah kayu dengan dua kamar saja. Tak heran, lokasinya yang tersembunyi membuat pulau ini masih minim pengunjung.

Di sore hari, Anda bisa menikmati sunset, duduk santai sembari bermain air di sekitar dermaga. Di malam harinya, Anda bisa menikmati hamparan bintang dari atas dermaga. Tak ketinggalan, Anda juga bisa menikmati keindahan bawah lautnya dengan fasilitas snorkeling.

10. Pulau Kotok

Pulau Kotok termasuk salah satu pulau yang sangat unik di Kepulauan Seribu. Pulau dengan laut yang jernih dan formasi batu karang yang berwarna warni akan memanjakan mereka para pecinta diving. Nuansa alamnya yang begitu menawan menjadi sisi lain dari daya tarik pulau ini karena menawarkan hamparan pasir putih yang bersih,  kekayaan bahari dan ragam binatangnya.

11. Pulau Pantara

Dengan menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari Marina Ancol, Anda akan sampai di Pulau Seribu Merine ini. Terbilang unik, karena di pulau ini Anda hanya akan mendapati cottage-cottage yang beratap jerami yang memiliki jendela kaca berukuran besar yang membuat Anda bisa menikmati pemandangan laut dengan leluasa. Tak berbeda dengan pulau lainnya, Pulau Pantara menyediakan beragam fasilitas dan kegiatan olah raga seperti jet ski, windsurfing dan banana boat. Terdapat restoran terapung nan romantis yang sangat cocok bagi pasangan baru yang hendak menikmati waktu bersama.

12. Pulau Tidung

Pulau yang satu ini sangat dikenal luas para pecinta wisata. Salah satu icon yang paling dikenal dari pulau ini adalah jembatan cinta-nya. Pulau ini bisa ditempuh dengan menggunakan kapal kayu dari pelabuhan Muara Angke atau Marina Ancol. Sama seperti Pulau Macan, Tidung juga terdiri dari dua bagian wilayah yaitu tidung besar dan tidung kecil.  Keduanya hanya dihubungkan dengan jembatan kayu sepanjang 800 meter.

Di pulau ini Anda bisa menikmati beragam kegiatan olah raga air maupun kegiatan alam, seperti snorkeling, berenang, bersepeda mengitari tidung kecil dan menikmati suasana malam yang terasa nikmat di malam hari. Setiap akhir pekan, pulau ini dipadati oleh para wisatawan yang datang dari Jakarta.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami