PGI Ingin Keluar Dari Kemandekan Gerakan Ekumene

Nasional / 1 April 2015

Kalangan Sendiri

PGI Ingin Keluar Dari Kemandekan Gerakan Ekumene

daniel.tanamal Official Writer
2463
<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin;} </style> <!--[endif]-->

Berbenah diri, mungkin itulah gambaran langkah nyata yang sedang dilakukan oleh Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) saat ini. Menyambut HUT ke-65 yang akan dilaksanakan pada bulan Mei 2015 mendatang, PGI mengambil tema “Keesaan Gereja dalam Aksi: Keluar dari Kemandekan Gerakan Ekumene”.

Dalam press releasenya, PGI melihat bahwa setelah 65 tahun berjalan, ada kecenderungan bahwa gerakan ekumene makin menjauh dari jemaat (umat). Selain itu gerakan ekumene terkesan sangat elitis. Hal itu terjadi karena gerakan tersebut hanya dilakukan oleh kalangan elit gereja saja. Akhirnya umat hampir tidak terlibat dan terasing.

PGI juga menyadari bahwa sejak lama gereja-gereja terlalu fokus pada urusan internal sehingga sangat kurang melakukan aksi keluar. Akibatnya eksistensiu gereja dirasakan kurang menyentuh masyarakat luas. Untuk itulah pada momen HUT Ke-65 ini PGI berharap bahwa alasan-alasan tersebut dapat dikanalisasi dan PGI secara nyata dapat terlihat di masyarakat. Selain itu sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan dapat menjadi terobosan dalam gerakan ekumene.

Panitia HUT ke-65 PGI sendiri merencanakan sejumlah kegiatan yaitu Jalan Damai Lintas Agama yang akan dilaksanakan pada Sabtu 14 Mei 2015 di Monas dan Bundaran HI Jakarta. Dilanjutkan dengan Aksi Sosial yaitu kunjungan kasih dan donor darah di sejumlah gereja-gereja di Jakarta pada 17 sampai 24 Mei 2015, Ibadah dan Perayaan pada Minggu 24 Mei 2015 di Ecopark, Ancol Jakarta dan juga Seminar, diskusi dan peluncuran buku di Aula Kantor PGI Jakarta.



Sumber : Jawaban.com | Daniel Tanamal
Halaman :
1

Ikuti Kami