Tips Sukses Menulis Buku Best Seller Ala Paulus Winarto

Tips Sukses Menulis Buku Best Seller Ala Paulus Winarto

Lori Official Writer
4093
Membuat buku bukanlah perkara mudah. Bila sebagian orang sudah dianugerahi bakat menulis dan mengembangkannya, maka sebagian besar lain malah tak pernah berpikir atau bercita-cita sama sekali menulis dan menghasilkan buku.

Begitulah cerita dibalik sukses Paulus Winarto, penulis buku best seller First Step to be An Entrepreneurship. Sebelum menulis 17 ragam buku motivasi yang sudah beredar di toko-toko buku di tanah air, Paulus Winarto mengaku tak punya minat menulis. Namun niat dalam hati untuk melakukan sesuatu menjadi dorongan utama dalam proses kepenulisan buku-bukunya.

Paulus pun berbagi tips sukses menulis buku best seller. Salah satunya adalah memaksa diri. Artinya, melakukan sesuatu terlebih dahulu kadang kala akan mendatangkan mood, motivasi dan antusias tersendiri.

“Kadang-kadang motivasi, kadang-kadang mood itu adalah by product (hasil, red). Kita melakukan sesuatu dulu baru mood-nya datang. Jadi ada orang yang tunggu antusias dulu baru melakukan sesuatu. Sometimes, Anda harus melakukan sesuatu dulu baru mood itu datang. Jadi harus sengaja. Intensional,” tutur Paulus.

Dalam proses kepenulisan, tambah Paulus, juga membutuhkan kreativitas dan perubahan strategi. “Saya menulis buku belasan tahun lalu dengan sekarang, style-nya sudah berbeda, isinya pun berbeda. Pendekatannya pun berbeda. Harus bertumbuh. Supaya kita punya daya saing, kompetitif”.

Sukses menghasilkan buku-buku yang banyak digemari masyarakat dan menembus gelar buku laris, juga dibutuhkan daya saing yang tinggi dan berani berkompetisi. Diperlukan ide untuk menampilkan sesuatu yang jauh berbeda dari buku-buku yang telah ada, pun mampu menjawab kebutuhan pembaca.

“Kalau Anda tidak bersedia untuk bertumbuh, Anda jangan berkompetisi. Jadi bagaimana kita mempertahankan nilai tambah itu. Sehingga apa yang kita berikan pada orang lain itu selalu ada nilai tambahnya yang membedakan kita dari orang lain,” terang Paulus.

Tak hanya menulis buku, namun dari kemahiran mengolah kata ini Anda bahkan bisa membuka peluang mendirikan usaha seperti penyedia konten di berbagai website online, artikel advertorial, press release serta pidato. Hal terpenting yang patut Anda milik untuk menjadi sama dengan penulis-penulis sukses lainnya adalah kemauan, wawasan luas serta kebiasaan menulis yang terasah.

Sumber : Jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami