Manfaat Kesehatan Dibalik Tren Tarian Zumba
Sumber: Celebritydiagnosis.com

Spirituality / 26 March 2015

Kalangan Sendiri

Manfaat Kesehatan Dibalik Tren Tarian Zumba

Lori Official Writer
8798
Belakangan ini zumba terus menjadi tren olahraga sehat terutama bagi kaum hawa.  Senam tarian ini awalnya muncul sejak seorang instruktur aerobik asal Kolombia, Alberto ‘Beto’ Perez bosan dengan gerakan senam yang itu-itu saja. Lalu ia pun mulai memberi latihan berbeda dengan musik latin dan memadunya dengan gerakan tarian latin. Senam yang dipandu dengan musik dan tarian ini pun menjadi populer di seluruh dunia.

 

 

Popularitas  zumba sebagai alternatif senam aerobik memang bukan tanpa alasan, karena mereka yang menekuninya benar-benar mendapat manfaat besar bagi kesehatan, seperti dijabarkan di bawah ini:

 

Menurunkan berat badan

 

Tarian dan gerakan zumba memacu otot bergerak sehingga ampuh membakar kalori dalam tubuh mencapai 500-800 kalori dalam setiap kelas selama satu jam. Untuk menurunkan berat badan, cobalah zumba setidaknya sehari atau dua kali sehari, sesuai keinginan.

 

Membuat awet muda

 

Zumba memberi manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Selain membakar kalori, zumba juga membuat jantung terpacu lebih cepat, sehingga sirkulasi darah lancar. Zumba juga mengontraksi semua otot, merangsang hormon endorphin yang merangsang seseorang menjadi lebih bahagia. Mereka yang kerap melakukan zumba akan lebih tampak memiliki kulit yang kencang, daya tahan tubuh yang tinggi dan lebih bugar.

 

Sembuhkan nyeri punggung

 

Tak hanya menari dengan iringan musik, zumba juga bisa dilakukan di kolam renang. Hal ini disitilahkan dengan  aqua zumba, latihan yang biasanya dilakukan untuk mengukur ketahanan terhadap gravitasi dan perlawanan terhadap daya apung air. Namun latihan ini ternyata juga bermanfaat untuk menyembuhkan nyeri pada bagian tubuh, termasuk nyeri punggung.

 

Pemanasan untuk latihan kardio

 

Saat melakukan latihan kardio, zumba dapat menjadi selingan karena dapat membangun otot dan kekuatan tubuh. Anda bahkan bisa saja mengganti latihan kardio dengan zumba, misal latihan bagaimana menekuk lutut dan jongkok yang benar.

 

Gerakan zumba memang terasa santai, namun tetap saja memiliki aturan yang ada. Porsi gerakan yang diterapkan dalam zumba adalah 70 persen dansa dan 30 persen fitness. Olahraga ini sangat banyak diminati kaum hawa antaran terpusat pada pembentukan postur dan lekukan tubuh seperti di bagian pinggul, pinggang dan kaki.

Sumber : Okezone.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami