7 Trik Optimalkan Instagram Untuk Bisnis Online
Sumber: Ciputraentrepreneurship.com

Entrepreneurship / 9 March 2015

Kalangan Sendiri

7 Trik Optimalkan Instagram Untuk Bisnis Online

Lori Official Writer
9976
Kekuatan daya visual sebagai alat promosi sebuah produk memang patut diakui. Sebagai pelaku bisnis online, Instagram adalah media lain yang bisa digunakan sebagai alat promosi.  Namun, sudahkah Anda benar-benar mengetahui bagaimana cara menggunakan Instagram secara optimal untuk mempromosikan bisnis online Anda?

1 Pasang Profil Picture  yang menarik

Usahakan untuk memasang profil picture yang sama dengan media sosial lain (Twitter dan Facebook) serta harus menggugah daya tarik follower Anda. Lengkapi pula bio di akun Instagram Anda dengan lengkap untuk mempermudah pencarian. Selain itu, gunakan emoji yang menarik diikuti Call To Action.

2 Pilih Hashtag yang populer

Sama seperti Twitter, Instagram juga memerlukan hashtag yang tepat untuk gambar iklan yang dipromosikan lewat Instagram. Dengan itu, sangat perlu untuk memperhatikan hashtag yang digunakan untuk prostingan. Idealnya, gunakanlah sebanyak 30 hashtag per gambar, gunakan hashtag yang paling penting lalu tambahkan hashtag yang kita inginkan di bagian komentar. Hindari hashtag yang tidak punya sangkut paut dengan konten atau gambar.

3. Buat rencana postingan

Postingan tak selalu harus dalam bentuk gambar. Sekali-kali Anda bisa juga menggunakan video atau quote yang menginspirasi. Hal ini bertujuan agar follower tidak menilai akun Anda menawarkan barang dagangan melulu. Untuk membuat video Anda bisa menggunakan aplikasi Flipagram sedang quote bisa diambil dari Wordswag.com atau Canva (iPhone dan desktop).

4. Ramah dan mau berinteraksi dengan follower

Berinteraksilah dengan follower Anda sekali waktu. Hapus komen-komen spam yang ada di gambar Anda lalu tag orang-orang yang Anda anggap membutuhkan produk tersebut. Yakinkan mereka untuk melirik postingan Anda tersebut. Hal yang tak kalah penting, jangan mengunci akun Anda agar orang-orang lebih mudah mencari dan melihat postingan-postingan Anda.  

5. Pakai Geotagging

Geotag adalah fitur yang disediakan Instagram untuk membubuhi gambar dengan lokasi dimana kita mengambil gambar tersebut. Fitur geotag ini berfungsi bersamaan dengan GPS pada smartphone.

6 Pakai Call To Action

Call To Action atau CTA adalah satu faktor yang dapat meningkatkan konversi dari follower di Instagram. CTA menarik follower untuk melihat gambar atau video dan mengenal produk online yang Anda tawarkan. Misalnya dengan melengkapi bio dengan link website resmi, Contact Person, atau menggunakan kalimat ‘Hubungi saya agar Anda bisa…’.

7. Buat kelompok khusus

‘Perusahaan pemenang adalah yang melayani pelanggannya dengan hati dan dedikasi yang besar, untuk kemudian menguasai pasar dengan cara memenangkan hati pelanggan’. Kalimat ini patut Anda terapkan ketika follower merasa tertarik dan menghubungi Anda, hargailah usaha tersebut, yakni dengan melayani permintaan mereka dengan cara khusus. Sediakan konten yang mungkin lebih banyak sesuai dengan apa yang mereka mau.  

Tujuh poin di atas mungkin bisa menolong Anda yang masih kesulitan untuk mengoptimalkan Instagram sebagai media promosi untuk bisnis Anda, atau bagi Anda yang ambil bagian sebagai admin sosial media di sebuah perusahaan. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat.

Sumber : Yukbisnis.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami