Pierre Omidyar, Barang Bekas Buatnya Tak Sengaja Lahirkan eBay
Sumber: Pierre Morad Omidyar

Profile / 2 March 2015

Kalangan Sendiri

Pierre Omidyar, Barang Bekas Buatnya Tak Sengaja Lahirkan eBay

Puji Astuti Official Writer
5335

Pria berdarah Iran-Amerika ini lahir dengan nama Pierre Morad Omidyar di Paris, Perancis di tahun 1967. Pierre hijrah ke Maryland, Amerika Serikat di usia enam tahun saat ayahnya diterima  di Johns Hopkins University Medical Center. Rasa tertariknya pada tehnologi sudah muncul sejak remaja, di usia 14 tahun Pierre menulis program pertamanya untuk katalog buku di perpustakaan sekolahnya.

Melanjutkan kuliah di Tufts University, Pierre Omdiyar lulus di bidang ilmu komputer di tahun 1988.  Ia kemudia berkarir sebagai programer di perusahaan Machintosh. Ia kemudian bekerja untuk anak perusahaan Apple, Claris. Selanjutnya ia membantu mendirikan perusahaan software di tahun 1991 bernama Development Corp, perusahaan ini kemudian berubah menjadi eShop dan dibeli oleh Microsoft di tahun 1996.

Nasibnya berubah arah dari pegawai menjadi milyader saat ia membuat website untuk melelang barang-barang pribadinya di tahun 1995. Tak disangkanya ternyata banyak peminat baik orang yang ingin membeli barang ataupun menjualnya, dia kemudian mulai mengembangkan website ini dan mengenakan biaya mulai dari 25 sen hingga 2 dolar untuk pembeli dan penjual. Perusahaan itu menghasilkan keuntungan hanya dari biaya jual beli ini saja.

Saat itu Pierre masih bekerja untuk salah satu perusahaan telephone internet yang didanai oleh Apple, namun melihat perkembangan websitenya setelah 9 bulan sejak diluncurkan, ia mutuskan untuk berhenti bekerja dan fokus untuk mengembangkan usahanya. Website yang sebelumnya bernama AucitonWeb tersebut kemudian bermetamorfosis menjadi eBay.

Pada tahun 1998, Pierre secara resmi menjadi pemimpin perusahaan eBay dan menunjuk Meg Whitman sebagai direktur dan CEO perusahaan itu. Dibawah arahan Whitman, eBay terus mengembangkan layanannya hingga ke berbagai negara dan juga mulai mengakusisi beberapa perusahaan. Di tahun 1998, eBay memiliki 2,1 juta pengguna dan menghasilkan keuntungan 750 juta dolar.

Setelah berhasil membangun eBay, Pierre mengembangkan sayapnya dan mulai menerima tawaran jabatan di tempat lain. Di tahun 2000 ia menjadi dewan direktur di ePeople, dan kemudian ia mendirikan lembaga Omidyar Network, sebuah perusahaan yang berinvestasi baik di perusahaan profit maupun non-profit.

Gebrakan terbarunya adalah pada tahun 2013 lalu Pierre menggandeng mantan reporter Guardian, Glenn Greenwald yang menulis tentang pembocoran rahasia negara oleh agen Edward Snowden, mereka berdua membangun perusahaan publikasi online pertama yang diluncurkan pada tahun 2014 dengan nama The Intercept. Menurut Omidyar, langkahnya ini untuk mendukung kebebasan yang mendasar dan kebebasan press.


Sumber : biography.com | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami