WHO: Miliaran Orang Berisiko Tuli Karena Musik
Sumber: www.huffingtonpost.co.uk

Health / 2 March 2015

Kalangan Sendiri

WHO: Miliaran Orang Berisiko Tuli Karena Musik

Lori Official Writer
3978
<!-- endif]-->

World Health Organization (WHO) memprediksi miliaran manusia mengalami gangguan pendengaran jika masih terbiasa mendengar musik terlalu keras dan dalam waktu yang lama. Catatan WHO menunjukkan risiko ini dialami oleh sebanyak 1.1 miliar orang dewasa dengan kegemaran mendengar musik di audio player, konser, dan bar.

Berdasarkan catatan statistik, sebanyak 43 juta orang dengan usia 12 sampai 35 tahun bahkan sudah mengalami masalah pendengaran. Kebanyakan diantaranya berasal dari negara-negara kaya dan menengah. Sekitar 60 persen diantaranya terjadi akibat polusi suara, sedang 40 persen lainnya disebabkan oleh kerasnya audio dari musik yang diputar di konser-konser  ataupun bar.

“Apa yang sedang kami berusaha lakukan adalah meningkatkan kesadaran isu yang jarang dibicarakan, tapi memiliki potensi untuk mengakibatkan kerusakan besar yang sebetulnya mudah dicegah,” ucap Direktur WHO untuk pencegahan, Dr Etienne Krug, dikutip dari BBC, Senin (2/3).

Untuk meminimalisir terjadinya ketulia, WHO menganjurkan agar mendegra musik dengan pengaturan suara 60 persen dan tidak lebih dari satu jam. Saat di konser atau bar, para pengunjung diharapkan dapat mengambil posisi yang lebih nyaman dari sumber suara dan jika memungkinkan mencari ruang yang lebih tenang.

“Kami menyadari bahwa ini akan sedikit sulit diterapkan, sama seperti konsumsi alkohol, ada banyak faktor terkait kesenangan (mendengar musik) yang tidak mudah diubah,” tambah Krug.

WHO juga meminta agar pemerintah andil dalam ancaman peningkatan penderita gangguan pendengaran tersebut. Selain itu, pihak industri musik juga diharapkan bisa memperhatikan risiko kesehatan ini secara serius.

Sumber : Detik.com/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami