Cara Menguasai Marketing Dalam 3 Langkah Mudah

Cara Menguasai Marketing Dalam 3 Langkah Mudah

Puji Astuti Official Writer
5968

Bagi beberapa orang topik marketing bukan hal yang menyenangkan, ada beberapa alasan yang mendasarinya seperti tidak pandai bicara, malu untuk bertemu orang baru dan banyak hal lainnya. Pada akhirnya mereka berkesimpulan bahwa marketing bukanlah pilihan karir yang tepat untuk mereka.

Namun saat ini, kemampuan untuk berjualan dibutuhkan oleh siapapun, apapun pilihan karirnya. Karena dalam setiap pilihan karir, ada sesuatu yang harus Anda jual kepada klien. Contohnya saat Anda berbicara dengan rekan kerja, Anda harus menjual ide Anda.

Marketing adalah sesuatu yang universal, dan dibutuhkan secara terus menerus. Pertanyaannya adalah bagaimana caranya kita berjualan, bukan tentang apakah itu terjual atau tidak. Untuk itu pengetahuan tentang marketing itu sangat penting. Berikut ini adalah tiga hal mendasar tentang penjualan yang akan membantu Anda menguasai marketing dengan mudah.

1# Menjual adalah tentang mendapatkan rasa percaya hanya dengan beberapa kata

Tidak seorangpun suka jika didatangi sales dan ditawari sesuatu, namun setiap orang suka berbelanja. Apa yang membuat dua hal ini berbeda? Orang ingin berbelanja dan satu-satunya yang mereka butuhkan untuk itu adalah asalan untuk membeli, dan dikebanyakan kasus alasan itu adalah rasa percaya. Hal ini harus terpatri dalam diri Anda.

Rasa percaya memainkan peranan penting dalam penjualan. Beberapa fokus kepada rasa percaya bahwa produk atau layanan itu akan menjadi solusi bagi masalah sang pembeli. Beberapa menawarkan nilai kebih kepada pembelinya. Nilai berbeda dengan harga. Orang ingin bahwa ia mendapatkan hal yang berharga  dari uang yang telah dibayarkannya. Hal ini membutuhkan konsistensi, integritas, dan kualitas.

2# Miliki rasa percaya diri

Jika Anda tidak memiliki rasa percaya diri, baik kepada diri Anda sendiri dan juga pada produk yang Anda jual, maka Anda tidak akan bisa meyakinkan siapapun untuk membelinya. Kenapa? Karena keraguan Anda akan terpancar dari diri Anda.

Seorang penjual yang sukses memiliki rasa percaya kepada produknya. Dia yakin 100% bahwa produk yang ia jual berkualitas dan dapat memberi nilai tambah kepada pembelinya. Selain itu seorang marketer harus memiliki rasa percaya diri yang kuat. Karena rasa minder adalah gambaran bahwa Anda menilai diri Anda sendiri rendah. Hal itu membuatnya tidak bisa melihat nilai lebih pada diri orang lain. Untuk itu, sebelum Anda mulai menjual sesuatu, mulai dari temukan rasa percaya diri Anda dan lakukan riset tentang produk yang akan Anda jual. Temukan kelebihan dan berbagai kelebihan produk Anda.

3# Menjual cerita lebih kuat dampaknya daripada menual produk

Ingatlah bahwa seseorang bisa membeli produk atau layanan melalui berbagai cara dan jarang sekali seseorang memiliki ide yang sangat unik sehingga hanya dia yang menjual produk itu. Jarang sekali orang memiliki ikatan emosi dengan sebuah produk, namun mereka bisa terhubung dengan orang-orang dibalik produk atau layanan itu, dan juga cerita kehidupan mereka. Untuk itu memiliki cerita yang bagus bisa menjadi kunci untuk menjual produk Anda dan membantu Anda berhasil melakukan penjualan.

Seseorang memiliki tendensi untuk membeli dari orang yang mereka kenal karena merasa percaya. Rasa terhubung ini dapat Anda bangun melalui kisah, contohnya mengapa Anda menjual produk itu, pengalaman Anda menggunakan produk tersebut dan banyak hal lain yang bisa membuat calon klien Anda merasa dekat dengan Anda.

Jadi kunci dari marketing dimulai dari dalam diri Anda, sebelum Anda berhasil menjual produk, Anda harus berhasil 'menjual diri Anda' sehingga mereka merasa terhubung dan percaya pada diri Anda. Saat hal itu terjadi, apapun yang Anda tawarkan akan lebih mudah terjual. 

Anda punya pengalaman pribadi tentang hal di atas dan ingin menjadi berkat serta berbagi pengalaman? Silahkan ceritakan kisah dan tips Anda melalui kolom komentar di bawah ini atau email ke [email protected]

Sumber : Askmen.com | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami