Inilah 10 Negara Dengan Pola Makan Paling Sehat
Sumber: Sheknows.com

Info Sehat / 24 February 2015

Kalangan Sendiri

Inilah 10 Negara Dengan Pola Makan Paling Sehat

Lori Official Writer
7446
Bila diperhatikan secara baik dan benar, pola makan sangat berpengaruh besar bagi kesehatan tubuh manusia. Sebab banyak orang yang memiliki riwayat penyakit tak terlepas dari pola makan yang buruk. Ragam penyakit yang ditimbulkannya pun beragam, seperti kanker, diabetes, kolesterol, darah tinggi, obesitas dan lainnya. Sehingga sangat dianjurkan untuk menerapkan pola makan yang baik dan sehat setiap hari.

Hasil studi yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan The Lancet Global menemukan 10 negara dengan pola makan yang sangat sehat, seperti :

- Chad

- Sierra Leone

- Mali

- Gambia

- Ghana

- Uganda

- Ivory Coast

- Senegal

- Israel dan

- Somalia

Sementara negara yang tercatat menerapkan pola makan yang kurang sehat adalah:

- Armenia

- Hongaria

- Belgia

- Republik Checnya

- Kazakhstan

- Belarusia

- Argentina

- Turkmenistan

- Mongolia dan

- Slovakia

Penelitian ini mengklaim bahwa negara yang menerapkan pola makan sehat memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan sehat seperti buah, sayuran, kacang-kacangan dan polong-polongan, kacang-kacangan dan biji-bijian, susu, jumlah asam lemak tak jenuh ganda, ikan, omega-3 dan serat makanan.

Sedang negara dengan pola makan yang kurang sehat cenderung mengkonsumsi makanan seperti daging yang belum diolah,daging olahan, minuman manis, lemak jenuh, lemak trans, kolesterol, dan garam. Kendati begitu, negara dengan pola makan yang kurang sehat ini mendapat asupan yang lebih tinggi dibanding dengan negara dengan pola makan sehat.

Meskipun para peneliti menyimpulkan bahwa kebanyakan negara-negara dengan penghasilan tinggi menerapkan pola makan sehat. Namun sebagian diantara negara maju dan kaya juga menerapkan pola makan yang sangat tidak sehat. “Orang-orang yang tinggal di berbagai negara maju dan kaya, seperti Amerika Serikat, Kanada, Eropa Barat, Australia dan Selandia Baru masih memiliki diet berkualitas termiskin di dunia. Hal ini dikarenakan negara tersebut mengkonsumsi makanan tidak sehat tertinggi di seluruh dunia,” terang salah seorang peneliti, seperti dilansir Kompas.com.

Dalam bukunya berjudul Rahasia Umur Panjang’, seorang dokter dan motivator dr. Elizabeth Subrata juga sudah menjelaskan secara rinci bahwa pola makan yang sehat adalah rahasia seseorang hidup dengan umur panjang.

Sumber : National Geographic/Jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami