5 Fobia Paling Aneh dan Unik yang Anda Belum Ketahui
Sumber: Playhugelottos.com

Info Sehat / 17 February 2015

Kalangan Sendiri

5 Fobia Paling Aneh dan Unik yang Anda Belum Ketahui

Lori Official Writer
4858
Fobia menjadi salah satu penyakit ketakutan berlebihan dimana seseorang merasa adanya situasi atau objek tertentu yang sedang mengancam sehingga berupaya menghindar dari situasi atau objek tersebut.

Fobia-fobia seperti takut ketinggian, keramaian, gelap, tempat sempit, kodok atau ular, mungkin adalah sesuatu yang sudah biasa dan tidak dianggap aneh bagi sebagian orang. Namun menjadi sangat aneh ketika seseorang mengalami fobia yang jarang dialami kebanyakan orang, diantaranya seperti 5 fobia ini.

#1 Fobia Memasak

Fobia memasak disebut juga dengan mageirocophobia, dalam bahasa Yunani berarti orang yang ahli memasak. Seseorang yang mengalami fobia ini cenderung akan takut melakukan aktivitas yang berkaitan dengan memasak. Gangguan ini menyebabkan seseorang mengalami gangguan pola makan dan mereka akan merasa sangat terintimidasi ketika melihat orang lain dapat memasak.

#2 Fobia Duduk

Takut duduk atau cathisophobia adalah ketakutan yang disebabkan oleh pengalaman penyiksaan fisik berupa duduk di atas objek yang tajam atau menyakitkan. Rasa takut berlebihan ini membuat penderita lebih memilih berdiri saja meski merasa lelah. Para pakar berpendapat bahwa kemungkinan fobia ini disebabkan oleh pengalaman di hukum di kursi saat masa-masa sekolah.

#3 Fobia Boneka

Fobia boneka atau pediophobia adalah gangguan yang dialami seseorang terhadap segala jenis boneka. Mereka menganggap boneka sebagai benda menyeramkan. Mereka akan menghindari pusat-pusat perbelanjaan yang memiliki toko boneka karena rasa takut berlebihan akan munculnya boneka hidup, yang biasanya hanya ada dalam khayalan di masa anak-anak.

#4 Fobia Ibu Mertua

Pentheraphobia atau fobia ibu mertua biasanya akan dialami oleh wanita yang sudah menikah. Umumnya mereka dengan pentheraphobiaakan memiliki ketakutan yang luar biasa saat berhadapan dengan ibu mertuanya atau bahkan hanya mendengar nama mertuanya saja disebut. Diperkirakan fobia ini bisa dialami seseorang akibat rasa trauma semacam pengalaman buruk dengan ibu mertua.

#5 Fobia Lubang

Fobia ini disebut dengan trypophobia, gangguan akan rasa takut pada lubang yang sangat jarang dialami seseorang. Mereka dengan trypophobia akan merasa ketakutan berlebih saat melihat beragam benda-benda alam dan buatan, termasuk sarang lebah, polong biji teratai, karang dan bahkan roti manis dengan lubang di tengah. Saat seseorang mengalami hal ini, mereka akan mengalami mingrain, serangan panik, berkeringat panas dan detak jantung yang meningkat.  Mereka juga kerap merasakan gatal, gemetar dan bahkan meringis.

Trauma atau pengalaman yang tidak mengenakkan terhadap suatu benda atau seseorang sangat berdampak pada munculnya rasa takut dalam diri seseorang. Rasa takut itu tentu akan selalu mengantui bahkan menyebabkan gangguan pada kejiwaan seseorang. Sehingga para pederita perlu mendapat penanganan serius untuk pengobatannya. Salah  satu cara penyembuhan terbaik adalah dengan terapi fobia, dimana penderita akan dilatih untuk menghilangkan rasa takut terhadap objek yang ditakutinya.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami