Wow, Kini Facebook Bisa Diwariskan Dengan Fitur Ini!
Sumber: Cnet.com

Entertainment / 17 February 2015

Kalangan Sendiri

Wow, Kini Facebook Bisa Diwariskan Dengan Fitur Ini!

Lori Official Writer
2555
Langkah Facebook mengizinkan para penggunanya dapat mewariskan akun pribadi kepada orang lain patut disambut baik. Kini, pengguna akun sosial media Facebook dapat menetapkan seseorang untuk menangani Facebook sebagai warisan online ketika penggunanya sudah meninggal.

Melalui fitur terbaru Facebook yang disebut Legacy Contact atau Kontak Warisan, para pemilik Facebook dapat menambahkan seseorang yang dipercayai untuk mengelola atau menghapus akun tersebut setelah pemiliknya meninggal.

Selain itu, pewaris Facebook juga bisa menuliskan postingan pengumuman tentang kabar kematian pemilik akun, memperbaharui foto profil dan sampul, menanggapi permintaan teman baru, atau mendownload arsip postingan profil dan foto. Halaman profil juga bisa diberi judul ‘Mengenang’ di atas nama pemiliknya. Jika para pemilik tidak menghendaki akun aktif setelah meninggal, maka akun dapat dihapus oleh seseorang yang dipilih tersebut.

Kehadiran fitur terbaru Facebook ini tidak terlepas dari kasus dimana banyaknya akun sosial media yang dibiarkan pemiliknya begitu saja tanpa diwariskan kepada seseorang yang dipercayainya. Hal ini pernah terjadi kepada mendiang Sahar Daftary, seorang model cantik yang ditemukan meninggal setelah terjatuh dari lantai 12 apartemen mantan kekasihnya. Ibu dari Sahar mendesak pihak Facebook membuka akun pribadi sang model untuk memastikan penyebab kematiannya.

Sayangnya, Facebook akhirnya mendapat somasi dari pengadilan karena mencoba mengakses akun pribadi seseorang. Hakim federal di California menolak upaya pihak keluarga Sahar untuk mendapatkan akses ke akun Facebooknya.

Untuk mencegah terulangnya kasus serupa, Facebook memberi kemudahan bagi penggunanya dengan menggunakan fitur ‘Kontak Warisan’ yang ada di menu pengaturan.

Sumber : Cnet.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami