Cara Cepat Bebas Dari Lilitan Hutang Piutang
Sumber: www.merdeka.com

Investment / 12 February 2015

Kalangan Sendiri

Cara Cepat Bebas Dari Lilitan Hutang Piutang

bagusp Official Writer
43822

Hutang itu seperti cekikan pada leher, tapi kita harus tetap bisa bernafas agar terus hidup. Jika anda belum punya hutang, pertahankan. Jangan sampai kena hutang sama sekali. Tapi kita tidak bisa menghindari situasi yang mau tak mau membuat kita kena hutang, misalkan cicilan rumah, cicilan mobil atau yang lainnya. Sepanjang hutang itu sehat dan anda bisa mencicilnya, hal itu tidak menjadi masalah. Namun jika anda tidak bisa mencicilnya, dan menjadi jerat yang mencekik leher, anda harus waspada.

Jika anda punya hutang yang besar dan susah untuk melunasinya, beberapa hal ini perlu anda deteksi sebelum mengambil langkah yang ekstrem untuk melunasinya.


  • 1         Cek gaya hidup anda

 

Lebih baik saat ini coba periksa gaya hidup anda. Yang pertama adalah menghitung ulang berapa pendapatan anda ( take home pay ) yang anda miliki saat ini.

Selanjutnya buatlah daftar minimal kebutuhan yang WAJIB anda bayar. Daftar tersebut misalkan :

-           Cicilan rumah

-           Bayar listrik dan air

-           Bayar sekolah anak

-           Transportasi

-           Biaya makan sebulan

Biaya TIDAK WAJIB yang tidak harus anda penuhi dalam 1 bulan. Artinya anda tidak akan mati jika tidak melakukannya. Misalnya :

-           Biaya langganan buku/majalah /koran

-           Beli baju dan aksesoris

-           Biaya liburan atau makan enak

-           Dll

Mungkin ada beberapa daftar lagi yang akan anda dapatkan yang bisa anda hemat. Anda tidak harus makan di fastfood lagi, atau makan enak, anda tidak harus belanja baju baru tiap bulan dan lain-lain.

 

  • 2         Cek apakah sering ada “pintu belakang” dalam hidup anda


Maksud dari “pintu belakang” adalah pengeluaran-pengeluaran tak terduga yang menyebabkan uang keluar. Ini bisa bermacam-macam. Bisa tiba-tiba sakit, ban bocor, rumah bocor, perbaikan sana-sini, kecopetan dan lain sebagainya.

“Pintu Belakang” ini justru yang seringkali tidak bisa diprediksi dan banyak kali menguras keuangan anda. Bagaimana menghindari “pintu belakang” ? Baca terus artikel ini.

 

 

 APA YANG HARUS ANDA LAKUKAN?

 

1         Ketatkan Ikat Pinggang

 

Anda tidak punya pilihan lain, anda harus kendalikan cara hidup anda. Kurangi belanja, kurangi makan makanan di restoran, kurangi belanja gadget, kurangi gosip pake telpon, bahkan jika perlu batasi pengeluaran hanya yang perlu saja. Disiplin tentang hal ini.

 

2         Cek Suhu Rohani Anda

 

Ingat bahwa Tuhan yang menyediakan segala berkat untuk anda. Anda bisa punya ini itu, menikmati segala sesuatu yang ada hanya karena berkat Tuhan. Dengan kata lain, uang anda adalah milik Tuhan. Karena itu cek hal-hal berikut :

 

-           Perpuluhan

Apakah anda setia dalam memberikan perpuluhan? Ingat bahwa perpuluhan itu tidak sama dengan memberi kepada orang tua, atau orang miskin. Perpuluhan adalah memberikan kembali hak Tuhan yang adaah 10% dari seluruh penghasilan kita. Apakah Tuhan miskin sehingga perlu uang kita? Tidak ! Tuhan ingin kita memberikan perpuluhan karena Ia ingin kita mengandalkan Dia dan bukan uang kita. Lihat janjinya dalam Maleakhi 3 :12 :

 

Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.

 

Aku akan menghardik bagimu belalang pelahap, supaya jangan dihabisinya hasil tanahmu dan supaya jangan pohon anggur di padang tidak berbuah bagimu, firman TUHAN semesta alam.

 

Maka segala bangsa akan menyebut kamu berbahagia, sebab kamu ini akan menjadi negeri kesukaan, firman TUHAN semesta alam.

 

 

 

 

 

Dimanakah anda harus membawa perpuluhan? Disana jelas bahwa anda harus membawa perpuluhannya di gereja alias rumah Tuhan. Berikanlah perpuluhan di gereja dimana anda mendapat makanan rohani. Anda juga bisa memberikannya ke badan misi. Lembaga misi mana yang terbaik? Berikanlah ke lembaga misi yang benar-benar bekerja dan ada hasil tuaian jiwa. Anda bisa memberikannya di sini

-           Persembahan Khusus

Selain persepuluhan anda juga harus menyisihkan uang anda untuk memberikan persembahan khusus. Persembahan khusus seperti apa, persembahan yang tepat dan digunakan untuk kemuliaan nama Tuhan. Alkitab banyak mencatat tentang persembahan sukarela atau persembahan khusus ini. Banyak berkat akan Tuhan curahkan saat kita berani memberikan persembahan khusus.

Anda bisa memberikan persembahan khusus ini dengan menjadi mitra CBN

Perintah Tuhan terkadang hanya dapat dipahami oleh iman. Anggaplah saat ini anda sedang dalam kesulitan keuangan yang hebat dan butuh banyak uang untuk melunasinya, namun justru Tuhan menyuruh kita untuk memberikan perpuluhan dan persembahan khusus, yang secara hitungan akan sangat tidak cukup.

Namun ingatlah bahwa Tuhan adalah Allah yang senang membuat mujizat dalam kehidupan kita. Saat anda melihat dengan iman, maka anda akan melihat terobosan terjadi dalam hidup dan keuangan anda.

Dengan demikian anda mempunyai berkat ganda dengan memberikan perpuluhan dan persembahan khusus melalui misi. Yang pertama adalah berkat kelimpahan finansial, yang kedua adalah perlindungan Tuhan sehingga tidak ada “pintu belakang”.

 

Halaman :
1

Ikuti Kami