Presiden Jokowi Akan Batal Lantik Budi Gunawan

Nasional / 11 February 2015

Kalangan Sendiri

Presiden Jokowi Akan Batal Lantik Budi Gunawan

daniel.tanamal Official Writer
2748
<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]-->

Pengamat Politik Yunarto Wijaya mengatakan bahwa langkah Presiden Joko Widodo untuk menunda pelantikan Komjen (Pol) Budi Gunawan (BG) sebagai kapolri, berarti juga adalah sebuah keputusan bahwa Jokowi akan batal untuk melantik BG.

BG sendiri saat ini dijadikan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). "Menurut saya sebenarnya sudah terjawab, presiden sebenarnya sudah memilih saat menunda. Saat menunda berarti beliau secara variabel sudah memutuskan," kata Yunarto seperti dirilis Metrotvnews, Selasa (10/2/2015) kemarin.

Berdasarkan penundaan itu Yunarto menilai, presiden sesungguhnya telah memiliki nama lain yang akan dilantik sebagai Kapolri. Namun, ia meyakini nama tersebut bukanlah Budi Gunawan.

Sebab, penundaan ini merupakan langkah presiden mempertimbangkan Budi Gunawan yang berstatus tersangka. "Pak BG sepertinya akan dibatalkan untuk dilantik. Keputusan menunda menunjukan penetapan tersangka terhadap BG menjadi pertimbangan," kata dia.

Maka itu, Jokowi diminta segera memastikan keputusannya. Agar laju pemerintahannya tidak terganggu, bila memutuskan tak melantik Budi Gunawan sebagai kapolri. "Beliau harus memastikan, kehidupan berpolitik masih berjalan dan bagaimana koalisi tidak mengganggu pemerintahan kedepan," tandas dia.



<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-fareast-language:EN-US;} </style> Halaman : 1

Ikuti Kami