Tiga Gereja di Bekasi Direlokasi Ke Areal Pemakaman
Sumber: Yubelium.com

Internasional / 11 February 2015

Kalangan Sendiri

Tiga Gereja di Bekasi Direlokasi Ke Areal Pemakaman

daniel.tanamal Official Writer
5572
<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]-->

Tiga gereja yang berada di Kelurahan Perwira RT 003/24, Bekasi Utara, Kota Bekasi, dilaporkan telah direlokasi secara sepihak oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi ke sebuah areal di dalam Tempat Pemakaman Umum (TPU) Perwira, Kota Bekasi.

“Kami ini manusia yang masih bernyawa, apakah pantas diperlakukan seperti orang yang sudah mati. Kuburan itu bukan tempat yang layak untuk menjalankan peribadatan, kenapa Pemerintah memaksa kami kesana. Jika kami tidak boleh mejalankan ibadat sesuai agama kami, lebih baik dilarang daripada dilecehkan seperti ini,” kata Pendeta Gereja HKBP, Hotman Sitorus, seperti dirilis beritabekasi.co.id, Senin (09/02/2015).

Ketiga gereja tersebut yaitu HKBP, Pentakosta dan GKRI sebelumnya telah terkena penyegelan sejak Februari 2012, dikarenakan perijinan yang dimiliki tidak lengkap. Sejak saat itu, jemaat terpaksa menjalankan ibadatnya menggunakan tenda darurat di sekitar gereja.

Selain itu Pemkot Bekasi tidak mengkonfirmasi relokasi terlebih dahulu kepada jemaat. “Ukuran 6×8 meter tidak akan mencukupi jemaat 3 gereja, ditambah lokasinya dalam kuburan, jelas kami menolak dan akan bertahan meski apapun yang akan terjadi,” tegas Hotman.

Musyawarah yang digelar antara Pemkot Bekasi dengan perwakilan tiga gereja, yang juga dihadiri MUI, Kemenag Kota Bekasi, FKUB, Pol PP dan beberapa unsur terkait, yang dilaksanakan (05/02/2015) di ruang rapat Asda II, menghadapi jalan buntu karena tidak ada kesepakatan yang terjadi. Seluruh perwakilan jemaat dari tiga gereja tersebut menentang keputusan pemerintah.




<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-fareast-language:EN-US;} </style> Halaman : 1

Ikuti Kami