8 Tips Penting Nikmati Road Trip Seru dan Aman
Sumber: Memoapp.com

Travel / 11 February 2015

Kalangan Sendiri

8 Tips Penting Nikmati Road Trip Seru dan Aman

Lori Official Writer
5696
Merencanakan liburan ke suatu tempat dengan akomodasi kereta api atau pesawat terasa sudah biasa. Untuk menikmati sensasi wisata yang lebih seru, Anda sebaiknya memilih Road Trip. Ya, perjalanan dengan kendaraan roda dua atau empat dengan menempuh rute sejauh ratusan sampai ribuan kilometer ke tempat berbeda. Cara perjalanan ini akan sangat memberi Anda kebebasan penuh menikmati setiap mil perjalanan yang nggak pernah Anda dapatkan dengan naik pesawat atau kereta api.

Untuk menikmati perjalanan yang tidak biasa ini, Anda perlu menerapkan beragam tips Road Trip ini sebagai persiapan awal.

#1 Rute dan Tujuan Perjalanan

Sebelum melakukan Road Trip, pilihlah tujuan secara bijak dengan mempertimbangkan efisiensi waktu dan biaya. Tentukan rute perjalanan yang akan Anda tempuh. Misalnya, untuk Road Trip ke Pulau Jawa tentukan kota-kota mana yang akan dijelajahi. Usahakan kota-kota yang berdekatan satu dengan yang lain.  

#2 Lama perjalanan

Hal ini sangat mendukung waktu dan biaya Anda. Perkirakan jarak tempuh dan kondisi perjalanan sehingga Anda punya waktu cukup untuk mengekplorasi tempat-tempat yang sudah Anda tentukan di awal.

#3 Tetapkan jumlah tim

Road Trip memang seru jika dilakukan secara perkelompok. Pilihlah mereka yang setidaknya menyetir atau membawa kendaraan roda dua. Setelah itu, tentukan banyak kendaraan yang Anda bisa dibawa berjelajah untuk menyesuaikan kapasitas mobil yang akan digunakan dengan jumlah orang yang ikut.

#4 Kelola budget

Buatlah daftar budget yang dibutuhkan selama perjalanan. Misalnya biaya untuk mengantisipasi biaya bensin, hotel dan makan selama perjalanan. Anggaran boleh dikumpulkan secara rata agar tidak terlalu berat.

#5 Periksa kondisi kendaraan

Meski Road Trip adalah perjalanan yang dilakukan beramai-ramai, namun tetaplah memperhatikan setiap detail yang paling penting saat akan memulai perjalanan. Salah satunya adalah memeriksa kondisi mesin kendaraan, ban dan tekanan angina, air radiator, oli mesin, elektrikal dan kondisi fisik mobil. Bwalah cadangan ban sebagai antisipasi bila sewaktu-waktu dibutuhkan di pertengahan jalan.

#6 Pakai GPS

Kecanggihan teknologi kini sudah dapat digunakan sebagai penolong para pejalan. Meski telah melakukan persiapan yang matang, tetaplah mengandalkan GPS untuk memandu Anda saat dalam perjalanan. Pilih aplikasi GPS yang dapat dipercaya dan diandalkan.

#7 Persiapkan beragam permainan

Pengalaman yang paling berkesan ketika Road Trip sebenarnya bukan soal menikmati destinasi wisata yang satu dengan yang lainnya. Namun waktu-waktu kebersamaan yang Anda ciptakan bersama dengan tim lainnya. Untuk itu, gunakan kesempatan bersama saat dalam perjalanan untuk melakukan berbagai hal, misalnya menyetel musik dalam mobil dan bernyanyi bersama. Atau permainan lain yang Anda sudah siapkan sebelumnya sebagai hiburan bersama.

#8 Dokumentasi

Satu hal yang wajib dibawa adalah alat dokumentasi seperti kamera. Road Trip adalah pengalaman seru yang nggak bisa dilewatkan begitu saja tanpa mendokumentasikannya baik dalam bentuk foto atau video. Mintalah anggota tim setidaknya membawa satu atau dua kamera atau video camera untuk mendokumentasikan setiap detik bersama dan tempat-tempat yang Anda sudah kunjungi.

Untuk menemukan tempat-tempat atau rute terbaik dan mudah melakukan Road Trip, Anda dapat mengunjungi berbagai website wisata atau mencari informasi lengkap dari berbagai komunitas wisata. Mereka akan dengan senang hati berbagi informasi.

Sumber : Valadoo.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami