Sering Lapar Meski Sudah Sarapan? Cek Nutrisi Makanan Anda
Sumber: Fresa-inn.jp

Health / 9 February 2015

Kalangan Sendiri

Sering Lapar Meski Sudah Sarapan? Cek Nutrisi Makanan Anda

Lori Official Writer
3921
Sarapan menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi tubuh sebagai pemenuhan nutrisi saat akan memulai aktivitas sepanjang hari. Idealnya, sarapan pagi yang cukup dan bergizi tentu akan menghambat hasrat untuk mencicipi makanan lainnya.

Namun bagaimana bila Anda masih merasa lapar meski sudah sarapan? Jika Anda mengalaminya, mungkin Anda perlu memeriksa kembali asupan sarapan yang Anda konsumsi setiap hari.

#1 Kurang protein

Sebuah penelitian di University of Missouri-Columbia yang diterbitkan di The American Journal of Clinical Nutrition, menyatakan bahwa mengkonsumsi sarapan yang tinggi protein berpotensi membantu seseorang mengontrol nafsu makan dan meredam hasrat mengemil di malam hari.

Kandungan protein yang tidak cukup akan mudah membuat Anda lapar lebih awal di siang hari. Sarapan dengan semangkuk sereal dengan campuran susu terlihat seperti pilihan yang baik, sebab secangkir susu mengandung 8 gram protein. Dengan sarapan seporsi roti gandum yang diolesi selai kacang akan menambah lebih banyak protein dalam tubuh.

#2 Sedikit serat

Semakin tinggi kandungan gula dalam sarapan yang Anda santap, maka akan semakin cepat pula proses pencernaan dan semakin cepat pula Anda merasa lapar. Akan lebih baik jika sarapan Anda mengandung lebih banyak serat karena mampu menahan lapar lebih lama.

#3 Kurang lemak

Kendati makanan berlemak sering kali dihindari karena takut akan menyebabkan kegemukan, namun kandungan lemak masih sangat dibutuhkan oleh tubuh. Menu makanan yang sehat dan bergizi dapat Anda dapatkan dari konsumsi yogurt dan kacang-kacangan.

#4 Minim nutrisi

Serat, vitamin dan mineral tanpa nutrisi lengkap, juga akan membuat Anda mudah merasa lapar. Cukupi asupan nutrisi dengan meengkonsumsi sepotong buah. Sempatkan diri mencicipi sebuah Apel saat tengah dalam perjalanan menuju kantor atau tempat kerja setiap pagi.

Saat Anda memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi dalam sarapan, maka semakin berdampak baik pula bagi kesehatan. Hindari mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, seperti gorengan dan kerupuk, sebagai pengganjal rasa lapar Anda karena hanya akan menimbulkan masalah bagi kesehatan Anda.

Sumber : Detik.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami