6 Ide Unik Rayakan Valentine Bersama Anak
Sumber: Google

Parenting / 5 February 2015

Kalangan Sendiri

6 Ide Unik Rayakan Valentine Bersama Anak

Theresia Karo Karo Official Writer
4531
Hari Valentine tidak hanya dirayakan bersama pasangan. Bersama buah hati, anda juga bisa menciptakan moment seru. Namun kemudian timbul pertanyaan, “apa yang sebaiknya dilakukan para orang tua untuk mengekspresikan kasih sayangnya secara nyata kepada anak?” Berikut beberapa ide unik untuk para orang tua merayakan Valentine bersama Si kecil.

Berkreasi dengan Kartu Valentine
Membeli kartu ucapan Valentine dari toko memang lebih mudah. Namun, dengan kartu buatan tangan sendiri, anda bebas untuk menentukan pesan dan bentuknya. Selain itu, melibatkan anak dalam membuat kartu Valentine bersama akan menjadi moment seru dan dapat menginspirasi si kecil kedepannya.

Wisata dalam Kota
Tidak perlu berwisata jauh, masih banyak kegiatan seru lainnya yang bisa dilakukan di dalam kota. Bila orang tua ingin berwisata sekaligus memperluas wawasan si kecil, anda bisa membawanya ke museum, kebun binatang, taman hiburan, piknik di taman kota, dan lain sebagainya.

Bukan Rumah Biasa
Bila cuaca tidak memungkinkan untuk keluar rumah, orang tua bisa menemaninya dengan menyewa beberapa film yang disenangi anak, asalkan tetap sesuai dengan kebutuhan buah hati anda. Selain itu moment kebersamaan juga bisa tercipta dengan membaca buku atau komik, memasak cokelat bersama, berkreasi dengan cat air, menangkap bola, dan masih banyak lagi.

Hadiah Kecil
Memberikan hadiah, biasanya dilakukan pada saat mereka berulang tahun, mencapai prestasi, atau saat Natal. Hari Valentine juga bisa menjadi ajang untuk memberikan hadiah bagi anak. Tidak harus mahal, anda bisa mempertimbangkan untuk memberikan film, mainan, buku, pakaian, dan lainnya.

Atau hadiah yang berbentuk kupon. Dengan menulis beberapa hal dalam beberapa kertas kecil. Biasanya isi dari kupon ini tidak berbentuk fisik, namun lebih pada affection. Misalnya, dalam satu kupon tertulis pelukan, ajakan makan di luar, tidur bersama orang tua, dan lainnya. Kupon ini bisa digunakan sewaktu-waktu oleh anak.

Berbagi Cinta ke Luar
Tidak hanya dalam lingkup keluarga, orang tua juga bisa mengajarkan anak untuk berbagi kasih kepada orang lain. Bisa dipraktekkan lewat kunjungan ke panti asuhan, berbagi cokelat kepada teman-teman sekolah, dan lainnya.

Atau dengan membangun semangat anak menjadi relawan. Karena tahun ini Valentine jatuh di hari Sabtu, orang tua bisa mengajak anak untuk terlibat menjadi relawan. Bisa dengan menyiapkan makanan dan membagikannya kepada mereka yang membutuhkan atau dengan menjaga kebersihan lingkungan dengan melibatkan anak di gotong royong.

Di sini orang tua tidak hanya menghabiskan waktu dengan anak. Namun anda juga menunjukkan  kepada mereka bagaimana mereka dapat mengekspresikan cinta dan kepedulian bagi dunia di sekitar mereka.

Candle Light Dinner
Agar suasana Valentine lebih terasa, orang tua juga bisa mengajak anak makan malam romantis berdua. Sambil mengobrol, coba perhatikan lagi apakah anda sudah cukup memberikan kasih sayang, perhatian, dan waktu kepada anak?

Kasih sayang dari orang tua merupakan sebuah bekal bagi sang anak untuk melakukan hal yang serupa ke sesamanya. Dibandingkan sekedar kata, memberikan teladan akan lebih berpengaruh pada perkembangan anak.

Fakta mengungkapkan bahwa anak-anak yang jarang diberikan perhatian atau kasih sayang cenderung lebih sulit mengungkapkan rasa kasih sayangnya.Terakhir, terlepas dari hari Valentine, biarlah hari kasih sayang itu tetap ada setiap hari.
Sumber : Howstuffworks/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami