Blackhat, Pergulatan Menumpas Peretas Internet

Film Review / 5 February 2015

Kalangan Sendiri

Blackhat, Pergulatan Menumpas Peretas Internet

Lori Official Writer
3389
Blackhat adalah sebuah film crime thriller yang kembali menghias layar lebar. Ini merupakan film garapan sutradara Michael Mann setelah merilis Public Enemies di tahun 2009 silam. Saat menyaksikan sekilas trailer dengan beragam adegan yang tampak superhero, penonton tentu akan berpendapat bahwa film ini disajikan dengan beragam akting yang menawan dan spesial. Apalagi kehadiran bintang utama Thor, Chris Hemsworth yang juga mengambil tempat utama di dalamnya.

Tak akan ada yang meragukan kualitas film hasil tangan Mann yang dikenal telah sukses menggarap film-film crime thriller seperti The Thief (1981), Manhunter (1986), Heat (1995) dan Collateral (2004), namun dengan jujur, Blackhat terbilang begitu berantakan.

Hal pertama yang begitu kentara adalah masalah naskah yang tidak mampu mengembangkan berbagai ide cerita yang merangkum berbagai bidang bahasan seperti Politik, Sosial, Ekonomi dan Keamanan, menjadi satu kesatuan yang utuh. Setiap adegan terkesan disajikan secara datar tanpa menggali dan mendalaminya menjadi film akting yang mampu memuaskan penonton.

Film berdurasi 133 menit ini berkisah tentang perjalanan seorang penjahat spesialis dunia maya atau cyber Nicholas Hathaway (Chris Hemsworth), yang direkrut oleh lembaga intelijen Amerika Serikat dan China untuk menangkap seorang peretas yang telah menerobos sistem keamanan internet di kedua negara dan diduga memiliki sebuah rencana lebih besar lagi untuk membuat kekacauan di berbagai belahan dunia.

Keberadaan deretan karakter yang diperankan aktor ternama seperti John Ortiz (Henry Pollark), William Mapother (Rich Donahue), Manny Montana (Lozano) dan yang lainnya, tidak malah membuat film ini tampak berkelas. Kelemahan naskah membuat setiap karakter tidak tampil dengan penggalian karakter yang pas. Padahal mereka seharusnya bisa berperan dengan porsi yang lebih baik dan tajam. Salah satu diantaranya, seperti Chen Dawai (Wang Leehom) yang awalnya ditampilkan sebagai wanita cerdas dalam dunia internet, tampak tidak lagi diekpos secara tajam di adegan selanjutnya. Nasib yang sama juga dialami oleh sederet pemain lainnya. Ini menjadi sisi kekurangan yang tidak secara jeli disadari oleh Mann.

Kendati begitu, film ini masih punya sisi menariknya yakni suguhan adegan aksi ditampilkan dengan sangat kentara dan seolah nyata. Bisa dibilang, film ini tak terlalu buruk karena penonton juga akan menikmati sajian petualangan Nicholas Hathaway bersama timnya menyusuri Chicago menuju Hongkong demi menumpas kejahatan dunia cyber oleh sekelompok peretas.


Blackhat (2015)

Genre: Thriller, Crime

Rilis : 16 Januari 2015 (US)

Studio : Universal Pictures

Sutradara : Michael Mann

Produser : Michael Mann, Thomas Tull, Jon Jashni

Pemain: Chris Hemsworth, Viola Davis, Holt McCallany, Tang Wei, Wang Lee Hom, William Mapother, Manny Montana, Spencer Garrett 

Sumber : Jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami