6 Destinasi Berbeda yang Bakal Dirindukan dari Yogyakarta
Sumber: Wordpress.com

Travel / 4 February 2015

Kalangan Sendiri

6 Destinasi Berbeda yang Bakal Dirindukan dari Yogyakarta

Lori Official Writer
4673
Keindahan alam, kesejukan dan keramahan penduduknya adalah sebuah daya tarik yang mampu memikat setiap orang yang berkunjung ke Yogya. Kota yang satu ini adalah daerah wisata yang kaya akan berbagai keunikan dan kekayaan budaya yang mempesona.

Banyak wisatawan yang mengaku puas dengan wisata belanja atau suasana wisata kulinernya. Namun lebih dari itu, Yogya masih memendam beragam keindahan yang tiada tandingnya, sekaligus menjadi alasan mengapa kota yang kental dengan budaya keraton ini selalu dirindukan dan menjadi favorit di hati para penikmat wisata, seperti diuraikan berikut:

#1 Keindahan matahari terbit dapat ditatap dari sisi berbeda

Meski Anda bisa menikmati matahari terbit di puncak Candi Borobudur, namun tak ada salahnya menikmati keindahan pagi dari sisi yang berbeda. Salah satunya dari Bukit Punthuk Setumbu. Anda akan melihat sesuatu yang berbeda di sana terutama keindahan matahari yang tak kalah indah saat Anda menikmatinya dari Candi Borobudur.

Punthuk Setumbu berada di Desa Karangrejo atau menghabiskan waktu sekitar 15 menit (4 km) jarak tempuh dari arah Barat Candi Borobudur. Anda juga akan ditantang dengan gerakan jalan kaki, persis seperti mendaki, meski hanya butuh waktu 30 menit saja untuk sampai di puncaknya. Setiba di sana, Anda hanya perlu membayar kontribusi sebesar Rp15.000 per orang.

#2 Pesona Kebun Buah Mangunan yang memuaskan pengunjung

Kebun Buah Mangunan menawarkan kekayaan buah-buahan yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Ditambah dengan panorama bukit, kelok Sungai Oya dan hamparan laut di kejauhan semakin memanjakan wisawatan. Lokasi yang masih sangat asing ini terletak di sebelah tenggara dari pusat kota Yogyakarta. Dibutuhkan skeitar 50 menit untuk tiba di lokasi ini.

Di sekitar Kebun Buah Mangunan terdapat kawasan Hutan Pinus Dlingo yang sejuk dan tenang. Anda juga bisa bersepeda melewati jalur offroad dengan memakai mobil atau motor. Anda hanya perlu membayar tiket dengan harga Rp5.000 per orang.

#3 Merasakan selancar di Gumuk Pasir Parangkusumo

Destinasi berbeda yang juga akan membuat Anda jatuh cinta pada Yogyakarta adalah saat Anda bisa menikmati selancar di Gumuk Pasir Parangkusumo. Destinasi yang satu ini berlokasi tepat di hilir Sungai Opak, tepatnya di Desa Parangtritis atau sekitar 40 menit berkendara dari pusat kota Yogyakarta. Anda perlu masuk ke Gumuk Pasir Parangkusumo adalah seharga Rp3000 per orang dan tariff selancar seharga Rp2000 per orang selama 2 jam.

# Asiknya menikmati Pantai Goa Cemara

Goa Cemara adalah destinasi goa yang bukan goa. Artinya, nama tersebut disematkan karena untuk memasuki pantai Anda harus melewati pepohonan cemara yang berbentuk goa. Destinasi yang satu ini berlokasi di dusun Patehan, Gadingsari, Sanden, Bantul. Pantai ini berjarak kurang lebih sekitar satu kilometer di sebelah timur Pantai Kuwaru (30 km dari pusat kota Yogyakarta). Keelokan dan kelebatan cemara inilah yang menjadi ciri khas pantai yang masih jarang dikunjungi ini.

#5 Kolam tersembunyi Blue Lagoon

Pemandian atau kolam Blue Langoon atau Tirta Budi adalah objek wisata yang tersembunyi. Disebut Blue Langoon lantaran secara alami airnya berwarna biru muda akibat pantulan Cahaya matahari di pagi hari. Pemandian ini dibuka secara bebas tanpa biaya dan dibuka mulai pukul 06.00 – 18.00 setiap hari.

#6 Indahnya pesona alam dari ketinggian Pegunungan Menoreh

Pegunungan Menoreh, Kulon Progo adalah spot menarik untuk menikmati matahari senja Yogya. Dari sana Anda bisa menikmati keindahan desa Kalibiru dengan hutan-hutan hijaunya. Kalibiru terletak di kecamatan Kokap, Kulonprogo yang kini menjadi lokasi ekowisata menarik. Pepohonan hijau yang terhampar luas menjadi andalannya. Bagi Anda yang suka tantangan, di sana terdapat sebuah platform kecil dari kayu yang terletak di atas pohon pinus. Untuk naik ke sana, Anda perlu mendaki anak tangganya yang terbuat dari bambu. Akan sangat seru ketika Anda menikmati keindahan saat senja tiba.

Masih banyak alasan lain yang akan membuat Anda selalu merindukan Yogyakarta. Ambil waktu liburan Anda dan eksplorasi destinasi-destinasi berbeda di setiap belahan sudut kotanya. Selamat berlibur!

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami