Fakta Dibalik Hubungan Kesehatan Gigi Terhadap Otak

Fakta Dibalik Hubungan Kesehatan Gigi Terhadap Otak

Lori Official Writer
18235
Kebutuhan untuk merawat gigi secara rutin dan tepat tidak hanya bertujuan untuk membuat senyum yang indah dengan gigi bersih dan sehat. Alasan lain secara medis menyatakan bahwa kondisi kesehatan gigi sangat mempengaruhi kesehatan oragn tubuh lainnya. Pasalnya banyak saraf di mulut yang berhubungan langsung dengan saraf penting di bagian tubuh lainnya, terutama saraf otak. Bila kesehatan gigi buruk maka akan berdampak buruk pula bagi otak. Tak heran bila dokter gigi menganjurkan wajib menyikat gigi dua kali sehari.

Menurut para ilmuwan dari King College London, menyatakan bahwa kesehatan gigi mempengaruhi fungsi kognitif pada otak. Buruknya kesehatan gigi seseorang dapat menyebabkan fungsi kognitif otak terganggu dan tidak maksimal.

Lalu dampak buruk apa saja yang disebabkan oleh gigi terhadap kerusakan otak? Inilah kondisi gigi yang patut Anda waspadai.

#1 Gigi berlubang bisa turunkan kemampuan otak

Salah satu efek buruk dari gigi berlubang adalah menurun dan terganggunya fungsi otak. Hal ini terjadi karena seringnya terjadi abses (penimbunan nanah) dan tak segera ditangani. Bakteri yang tertimbun dalam abses atau gigi berlubang akan masuk ke dalam pembuluh darah dan menyebar sampai ke otak dan merusak sel-sel dalam otak.

#2 Gigi tanggal sebabkan Alzheimer

Sebuah studi di Jepang menemukan bahwa mereka yang sudah ompong atau tak lagi punya gigi jauh lebih mungkin mengalami kehilangan memori otak atau tahap awal gejala penyakit Alzheimer.

“Infeksi pada gigi yang menyebabkan gigi tanggal, dapat melepaskan zat inflamasi, yang pada gilirannya akan meningkatkan radang otak, yang menyebabkan kematian neuronal dan mempercepat kehilangan memori. Hilangnya reseptor sensoris di sekitar gigi ini terkait dengan beberapa neuron yang mati,” ujar Dr Nozomi Okamoto, salah seorang peneliti asal Jepang.

#3 Infeksi gigi dan gusi sebabkan radang otak

Gigi atau gusi yang mengalami infeksi juga sangat berdampak pada infeksi bagian tubuh lainnya seperti abses otak, peradangan lapisan jantung, jantung otot dan katup jantung. Sama seperti gigi ompong, bagian radang gusi yang terinfeksi akan menyebar ke pembuluh darah dan merusak organ tubuh lain seperti otak, jantung, paru-paru dan mata. Infeksi inimasuk ke dalam otak biasanya menjadi penyebab penyakit meningitis.

Bila kondisi pada gigi telah menyebabkan radang otak atau kehilangan memori, maka dampaknya akan sangat kentara pada terganggunya kualitas hidup dan aktivitas harian. Jadi, jangan sepelekan kesehatan gigi Anda dan mulailah merawatnya sejak dari sekarang!

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami