8 Benda Ini Ternyata Lebih Jorok Dari Toilet
Sumber: Blogspot.com

Info Sehat / 3 February 2015

Kalangan Sendiri

8 Benda Ini Ternyata Lebih Jorok Dari Toilet

Lori Official Writer
6471
Jika Anda berpikir bahwa tempat terjorok yang paling membuat Anda alergi adalah toilet, Anda mungkin akan berubah pandangan bila sudah memperbandingkan hal tersebut dengan delapan benda berikut ini:

#1 Talenan

Para peneliti dari University of Arizona menemukan fakta bahwa talenan atau alas pemotongan daging mentah atau bahan-bahan memasak lainnya ternyata rata-rata mengandung bakteri fecal coliforn (bakteri yang ditemukan dalam tinja, red) 200 kali lebih banyak dari pada dudukan toilet. Bakteri ini berasal dari organ dalam hewan. Sisa sekecil apapun yang ditinggalkan di talenan berpotensi akan menjadi tempat berkembangbiaknya kuman.

#2 Karpet

Para medis mengakui bahwa karpet menjadi salah satu sarang kuman botani dan zoology dan 4000 kali lebih kotor dari dudukan toilet. Faktanya, bakteri suka sekali melahap sel-sel kulit mati. Sekitar 200 ribu bakteri berdiam di area karpet seluas satu inchi persegi dan bakteri-bakteri itu antara lain Escherichia Coli, Staphylococcus dan Salmonella.

#3 Keyboard Komputer

Mengetik sembari makan adalah kebiasaan buruk yang akan menimbulkan perkembang biakan kuman di area keyboard. Hal ini disimpulkan berdasarkan penelitian di Inggris yang menemukan bahwa dari 33 keyboard yang diseka terdapat masing-masing memiliki kuman lima kali lebih banyak dari toilet. Ketika Anda makan tanpa mencuci tangan, maka kuman akan menyerang bagian usus penyebab sakit perut.

#4 Spons cuci piring

Para peneliti asal Arizona menemukan, 10 persen dari 1000 spons cuci piring mengandung bakteri Salmonella. Setiap inchi persegi permukaan spons mengandung sekita 134.630 bakteri, 456 kali lebih banyak daripada jumlah bakteri di toilet.

#5 Smartphone atau Handphone

Pada tahun 2013, para peneliti asal Inggris meneliti sebanyak 30 tablet, 30 telepon dan toilet di kantor. Mereka menemukan tablet mengandung 600 unit staphylococcus (staph, bakteri penyebab sakit perut parah) per sekali seka. Sedang telepon mengandung 140 unit bakteri. Hal ini jauh lebih besar dari bakteri di toilet yang hanya memiliki kurang dari 20 unit bakteri.

#6 Gagang Keran

Jangan sepelekan gagang keran kamar mandi yang kerap digunakan untuk cuci tangan atau memberishkan benda-benda di dalamnya. Sebab ditemukan bahwa gagang memiliki 21 kali lebih banyak bakteri daripada toilet. Sangat disarankan untuk membersihkan gagang keran dengan desinfektan sesering mungkin.

#7 Tas Tangan

Para peneliti asal Inggris mengklaim bahwa dari 25 tas tangan yang 10 kali digunakan lebih rutin memiliki jumlah kuman yang lebih banyak. Benda-benda yang ada di dalam tas juga akan terkontaminasi sehingga kemungkinan tangan yang bersentuhan dengan tas menyebabkan penyebaran kuman lebih cepat.

#8 Cucian

Tumpukan pakaian adalah tempat berkembang biak bakteri E. coli, penyebab diare. Mesin cuci dengan bukaan depan justru lebih parah lagi. Air akan tertampung di bagian bawah dan menyebabkan sekitar lantai lembab, tempat yang paling disukai bakteri.

Fakta-fakta terbaru di atas mungkin seringnya tidak disadari. Jadi demi kesehatan, mari jaga kebersihan benda-benda di sekitar Anda, terutama kedua tangan yang sangat

Sumber : Rider’s Digest/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami