Serempak! Puluhan Masjid di Inggris Undang Warga Berkunjung
Sumber: BNP.or.uk

Internasional / 2 February 2015

Kalangan Sendiri

Serempak! Puluhan Masjid di Inggris Undang Warga Berkunjung

Theresia Karo Karo Official Writer
2524
Masih lekat diingatan kita mengenai insiden serangan kantor majalah Charlie Hebdo oleh kelompok Islam di Paris, Prancis. Kemarin, pada 1 Februari 2015, 20 masjid di Inggris membuka kesempatan untuk warga setempat mengunjungi rumah ibadah para penganut agama Muslim tersebut.

Gerakan ini dipelopori oleh Dewan Muslim Inggris (MCB) yang bertujuan agar warga Inggris mengenal Islam tidak hanya dari sisi terorisme. Dilansir dari Asiaone, Dewan Muslim Inggris mengatakan bahwa, “Warga yang berkunjung ke masjid akan disuguhi teh dan berbagai jenis kue oleh anggota komunitas masjid.” Disamping itu, mereka juga akan siap menjawab pertanyaan-pertanyaan pengunjung tentang Islam.

Salah satu masjid yang turut berpartisipasi adalah Finsbury Park di utara London, yang pernah di pimpin oleh Abu Hamza. Yang saat ini berada di penjara Amerika Serikat atas tuduhan penculikan turis Barat di Yaman dan terorisme. Sekretaris Jenderal Masjid Finsbury Park Mohammed mengungkapkan bahwa pihaknya saat ini telah mengalami perubahan kepemimpinan dan lebih mengedepankan hubungan dengan masyarakat serta dialog antar-umat agama.

Meskipun begitu, dengan munculnya insiden di Paris yang menewaskan 17 orang tersebut, menyebabkan masjid ini kerap dikirimi serangkaian surat pesan elektronik yang bersifat ancaman. Di Inggris sendiri terdapat 1.700 masjid. Selain itu, data yang diperoleh dari sensus tahun 2011 mengungkapkan terdapat sekitar lima persen warga Inggris dan Wales yang memeluk agama Muslim.
 
Sumber : BNP/Tempo.co by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami