The Imitation Game, Rahasia Kode Enigma dan Akhir Perang Dunia II
Sumber: Galleryhip.com

Film Review / 29 January 2015

Kalangan Sendiri

The Imitation Game, Rahasia Kode Enigma dan Akhir Perang Dunia II

Lori Official Writer
8350
Perang tak selamanya berakhir di medan tempur, seperti sebuah kutipan kalimat dalam film ini, tetapi kemenangan itu terjadi di ruangan tanpa darah. Dan hal itu nyata terjadi saat pergolakan Perang Dunia II ketika sejumlah orang bekerja keras menyusun strategi perang lewat permainan palsu atau The Imitation Game, film yang diangkat dari biografi Alan Turing, seorang ahli matematika Inggris yang berjasa menciptakan mesin turing dan pemecah kode enigma pertama di dunia.

Alan Turing (Benedict Cumberbatch) adalah ilmuwan, kriptografer, ahli matematika, filsuf dan pelari marathon yang menghabiskan waktunya selama Perang Dunia II untuk membangun proto-komputer pertama untuk membantunya dan rekan-rekannya mendeskripsi Enigma, kode Nazi yang digunakan untuk mengkoordinasikan gerakan perang mereka. Bila hal ini bisa terpecahkan, maka Sekutu bisa memperoleh keuntungan strategis untuk mengendalikan perang.

Sebagai film drama biography, sutradara Morten Tyldum benar-benar memfokuskan filmnya pada seluk beluk kehidupan Alan. Film inipun disusun dengan  alur maju mundur, mengisahkan tentang masa remaja Alan Turing yang kerap mendapat penindasan dari teman-temannya. Seorang teman bernama Christopher pun selalu hadir membela sehingga menumbuhkan perasaan berbeda dalam diri Alan Turing, yang kemudian ia diketahui sebagai homoseksual.

Kelainan seksual itulah yang kemudian menjadi persoalan besar yang membelit kehidupan Alan. Awalnya, kehadiran Joan Clarke (Keira Knightley) memang masih belum memunculkan keanehan yang dialami Alan. Namun alur mundur yang memperlihatkan Alan saat berusia 15 tahun bersama Christopher dan percakapannya dengan salah satu dari rekannya menjelaskan masalah tersebut. Meskipun pada akhirnya Alan secara jujur mengakui dirinya seorang homoseksual kepada Joan, yang pada saat itu adalah tunangannya.

Secara keseluruhan film ini berfokus pada pekerjaan Alan memecahkan kode Enigma untuk pemerintah Inggris, yang kemudian ditutup dengan kenyataan bahwa Alan terbelit hukum atas kasus homoseksual yang dideritanya. Sesuai dengan catatan perjalanan hidupnya, Alan kemudian didakwa dan tak lama kemudian dirinya dinyatakan bunuh diri dalam usia 41 tahun. Kendati demikian, film ini mengingatkan kembali tentang Alan Turing, sosok jenius yang telah berjasa menyelamatkan jutaan nyawa di tengah Perang Dunia II dengan penemuan teknologi termuktahirnya, yang saat ini kita kenal dengan komputer.

 

The Imitation Game

Sutradara : Morten Tyldum

Genre : Drama/Biography

Produser : Nora Grossman, Ido Ostrowsky, Teddy Schwarzman

Penulis : Graham Moore

Pemain : Benedict Cumberbatch, Keira Knightley, Matthew Goode, Charles Dance, Mark Strong, Allan Leech, Tuppence Middleton, Rory Kinnear, Steven Waddington

Sumber : Movieguide.org/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami