Bernyanyi, Obat Ampuh Usir Ketegangan
Sumber: Votemenot.com

Psikologi / 28 January 2015

Kalangan Sendiri

Bernyanyi, Obat Ampuh Usir Ketegangan

Lori Official Writer
4960
Apakah bernyanyi menjadi salah satu hobi Anda? Atau biasanya Anda akan kerap mengambil kesempatan melantunkan lagu-lagu yang membuat Anda berdansa atau bergoyang, menggelengkan kepala atau sekedar menghibur suasana hati.

Bagi Anda yang suka dengan kebiasaan ini, lanjutkan! Karena bernyanyi ternyata memiliki beragam manfaat fisiologis dan psikologis. Secara psikologis bernyanyi bermanfaat untuk mengurangi tingkat stres melalui aksi dari sistem endokrin yang terkait dengan indra kenyamanan manusia. Sementara bagi psikologis, bernyanyi berguna sebagai obat untuk:

1. Meringankan penyakit

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Music Theraphy pada tahun 2004 menemukan bahwa pasien sakit kronis akan merasa lebih baik setelah mendengar jenis musik yang cocok bagi mereka. Sedang di sebuah panti jompo ditemukan, penderita Alzheimer yang tak lagi mampu berkomunikasi secara normal masih memiliki kemampuan menyanyikan semua lirik lagu lama yang mereka sukai.

2. Menghilangkan ketegangan

Saat ketegangan menyerang para penyanyi, terutama penyanyi paduan suara, mereka biasanya akan mengusir rasa tegang tersebut dengan berkonsentrasi penuh terhadap musik dan catatan. Sehingga memberi peluang kecil munculnya kekhawatiran tentang hal-hal lain yang yang tidak diinginkan atau bahkan rasa stres.

3. Mengelola emosi

Saat menyayikan lagu bersemangat, hormon kebahagiaan atau endrofin dalam tubuh biasanya akan meningkat. Sehingga saat bernyanyi perasaan Anda akan terasa lebih baik. Jika ingin lebih bahagia, pilihlah lagu-lagu bersemangat dan ceria.

4. Merangsang kreativitas

Jangan heran kalau para musisi rata-rata memiliki tingkat kreativitas yang tinggi. Sebab bernyanyi terbukti merangsang kerja otak kanan.

5. Meningkatkan rasa percaya diri

Setidaknya mereka yang dikarunia warna suara bagus dan bervolume akan merasa sangat bangga. Selain itu, berbagai pujian dari orang lain tentunya akan membuat para penyanyi menjadi lebih bahagia dan semakin tampil percaya diri.

6. Mengikat hubungan emosional

Bernyanyi bersama pada saat acara-acara tertentu, misalnya konser, hari kemerdekaan atau lagu-lagu populer, dapat mengikat hubungan emosional kita sebagai satu kelompok dengan warna yang sama.

Jadi, seberapa senang Anda bernyanyi dan mendengar musik? Cobalah meluangkan waktu Anda berelaksasi dengan lagu baik saat mandi, beres-beres, bekerja atau di tengah perjalanan pergi dan pulang kerja.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami