3 Rahasia Untuk Membangun Merek Yang Kuat
Sumber: http://thetechpanda.com/

Entrepreneurship / 26 January 2015

Kalangan Sendiri

3 Rahasia Untuk Membangun Merek Yang Kuat

Puji Astuti Official Writer
5058

Dengan banyaknya para wirausahawan dan bisnis kecil yang bermunculan hari-hari ini, membuat kompetisi menjadi semakin ketat dan memiliki merek yang kuat menjadi semakin penting.

Membangun sebuah merek yang terpercaya tidak terjadi dalam semalam. Bukan juga terjadi karena dibuat-buat atau dimanipulasi. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam membangun sebuah merek atau branding, seperti apa yang Anda jual, seperti apa disainnya, pesan dan nilai-nilai apa yang terpancar dari merek itu, dan banyak hal lagi. Namun sebelum memulai semua itu, berikut tiga hal yang harus ada dalam sebuah merek :

1. Keterkaitan

Orang-orang saat ini haus dengan keterkaitan, mereka ingin merasa terhubung. Jadi saat Anda akan menentukan merek produk Anda, tanyakan terlebih dahulu beberapa pertanyaan ini : apa yang membuat konsumen Anda terhubung dengan produk Anda? Bagaimana konsumen melihat diri mereka dalam produk Anda? Apa yang menjadi kesamaan? Bagaimana produk Anda mencerminkan konsumen Anda, demikian juga sebaliknya seperti apa konsumen Anda merefleksikan produk Anda? Keterkaitan membuka pintu percakapan berdasarkan rasa nyaman yang terjadi secara otomatis. Keterkaitan tersebut harus ada dalam setiap produk, iklan, website bahkan manajemen dan karyawan Anda.

2. Diidamkan

Hal ini adalah resep khusus yang membuat konsumen Anda datang kembali. Diidamkan adalah tentang kualitas yang diketahui oleh konsumen Anda secara mendalam namun mereka tak mampu mengekspresikannya. Hal ini seperti resep rahasia yang membuat mereka ingin melalukan apa saja untuk mendapatkannya. Jika keterkaitan membawa konsumen Anda datang di depan pintu, maka kualitas "diidamkan" ini membuat Anda melakukan kesepakatan penjualan.

3. Jadilah unik dan asli

Hal ini adalah kualitas pembeda merek yang sangat penting dengan banyaknya barang dan merek tiruan saat ini. Buatlah merek yang unik dan asli. Sepertinya mudah? Tidak juga. Kita sangat mudah dipengaruhi dengan merek-merek yang sudah ada saat ini. Untuk itu sangat penting untuk melakukan riset dan pembanding, sehingga merek Anda tidak berakhir sebagai pengikut saja, namun menjadi pelopor.

Jadi jika hari ini Anda sedang mempersiapkan sebuah merek untuk produk Anda atau nama perusahaan Anda, cobalah ketiga hal di atas. Temukan keterkaitan, rasa diidamkan atau diinginkan dari produk atau usaha Anda, dan jadilah asli atau unik. Buatlah merek atau branding Anda membekas dalam hati konsumen Anda.

Sumber : Huffingtonpost.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami