Yuk Belajar Cara Lelehkan Coklat yang Benar
Sumber: Bandungcandybar.blogspot.com

Entertainment / 22 January 2015

Kalangan Sendiri

Yuk Belajar Cara Lelehkan Coklat yang Benar

Lori Official Writer
16471
Apakah Anda penyuka coklat dan gemar berkreasi menyajikan hidangan kue dengan campuran coklat? Ya, mencampurkan coklat ke dalam adonan kue memang butuh teknik soalnya Anda harus terlebih dahulu melelehkan coklat batangan yang akan digunakan bukan?  

Melelehkan coklat bukanlah perkara mudah lho, karena jika salah saat memanaskan coklat bisa jadi gosong dan berubah bentuk. Anda juga perlu mengetahui jenis-jenis coklat, seperti Compound atau coklat blok, dark cooking dan white cooking coklat.

Adapun teknik melelehkan coklat yang benar dapat Anda pelajari dari uraian di bawah ini:

  1. Potong coklat blok dengan irisan kecil atau menggunakan serut untuk mendapatkan lelehan coklat yang sempurna, lembut, merata danmudah meleleh.

  2. Siapkan wadah dan pengaduk kering untuk menuangkan lelehan coklat. Jangan sampai kemasukan air karena hanya akan merusak coklat yang sudah dilelehkan.

  3. Panaskan air dalam panci besar dan lebar terlebih dahulu. Tunggu sampai mendidih, kemudian masukkan mangkok/panci berisi coklat tadi. Lalu diaduk-aduk hingga coklat benar-benar mencair. Hindari merebus coklat secara langsung di atas api, karena hanya akan membuat coklat kering dan gosong.

  4. Saat melelehkan coklat, perhatikan pula dengan teknik pengadukan Anda. Aduklah coklat saat dalam proses meleleh agar coklat merata dan teksturnya mengkilat dan lembut.

  5. Jika adonan coklat kemasukan air, Anda bisa menyiasatinya dengan menambahkan satu sendok mentega ke bagian coklat yang kemasukan air lalu di aduk rata.

  6. Setelah coklat meleleh, biasanya lelehkan akan membeku bila dibiarkan lama. Akibatnya akan susah untuk dicairkan kembali. Jika hal itu terjadi, tambahkan sedikit coating fat pada coklat.

Saat Anda benar-benar sudah mengikuti  petunjuk di atas dengan benar, alhasil hasil Anda akan mendapatkan coklat lelehan yang lembut dan merata. Dan siap dikreasikan dalam berbagai jenis kue. Mudah bukan?

Sumber : Carapedia.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami