4 Gangguan Psikologi yang Dialami Penderita Vertigo
Sumber: Hubpages.com

Psikologi / 21 January 2015

Kalangan Sendiri

4 Gangguan Psikologi yang Dialami Penderita Vertigo

Lori Official Writer
13428
Penyakit vertigo ditandai dengan keseimbangan tubuh yang tidak stabil akibat kepala berputar/pusing dan goyang. Dan ternyata penyakit yang satu ini juga menyebabkan gangguan psikologi bagi penderita, seperti depresi dan kecemasan.

1. Cemas dan panik

Vertigo menyebabkan perasaan gelisah dan panik bagi penderitanya apalagi bila harus menemukan sebuah benjolan yang muncul di bagian tenggorokan (globus). Selain itu, studi formal menemukan bahwa rasa cemas dialami oleh seseorang dengan gangguan telinga bagian dalam. Kecemasan atau kegelisahan disebabkan oleh kondisi medis yang berhubungan dengan kegoyangan dan hilangnya kontrol fungsi tubuh.

2. Sindrom somatisasi

Sindrom somatisasi merupakan kecenderungan untuk mengalami dan kesulitan dalam berkomunikasi somatik dalam respon terhadap stres psikososial. Kondisi ini timbul akibat rasa mual yang disebabkan vertigo. Sebuah studi menemukan bahwa gangguan psikologi ini banyak dialami oleh penderita penyakit pusing.

3. Depresi

Gejala sederhana depresi lebih sering dialami saat diserang penyakit kepala pusing. Apalagi bila rasa sakit kepala berputar ini terjadi selama beberapa hari lamanya. Sangat disarankan untuk melakukan pengobatan. Mengkonsumsi obat antidepresan adalah solusi yang tepat namun harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

4. Kehilangan kemampuan berpikir

Banyak penderita gangguan vestibular mengeluhkan kehilangan kemampuan multitasking. Rasa sakit dibagian kepala membuat mereka kehilangan fokus otak karena teralihkan rasa sakit sehingga kemampuan kognitif buyar.

Sumber : Dizziness-and-balance.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami