Demonstran Anti Charlie Hebdo Hanguskan 45 Gereja

Internasional / 20 January 2015

Kalangan Sendiri

Demonstran Anti Charlie Hebdo Hanguskan 45 Gereja

daniel.tanamal Official Writer
3302
<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]-->

Gelombang demonstrasi menentang majalah satir Perancis, Charlie Hebdo di Niger semakin meluas dan panas. Para demonstran yang menjalankan aksi sejak pekan lalu melakukan berbagai perusakan dan penjarahan terhadap toko, hotel, panti asuhan dan juga membakar rumah ibadah.

Tercatat 45 gereja menjadi sasaran amukan para demonstran. Kepolisian Nasional Niger melalui juru bicaranya Adily Toro mengatakan bahwa aksi tersebut hingga saat ini telah memakan nyawa 10 warga sipil dan dan 128 lainnya luka-luka.

Aksi demonstrasi ini dimulai pekan lalu di Niamey dimana para demonstran memulai aksi dengan melempari batu ke arah polisi dan berganti pihak kepolisian yang kemudian menyemprotkan gas air mata ke arah para pengunjuk rasa. Gubernur wilayah itu, Hamidou Garba, mengatakan 90 orang ditahan, sementara media setempat mengatakan mereka yang ditahan itu termasuk para pemimpin oposisi. 

Salah seorang tokoh Muslim setempat bernama Yaou Sonna ikut menenangkan massa dengan meminta untuk berhenti menyerang kalangan Kristen. "Jangan lupa, Islam menentang kekerasan. Saya meminta laki-laki dan perempuan, pemuda dan pemudi untuk tenang," serunya melalui televisi pemerintah.

 

Niger merupakan negara dengan mayoritas pemeluk Islam yang berbatasan dengan Nigeria, Libya dan juga Aljazair. Presidennya sendiri telah melakukan berbagai tindakan untuk mencegah aksi ini menjadi meluas.



 

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-fareast-language:EN-US;} </style> Halaman : 1

Ikuti Kami