Waspadai Serangan Telinga Berdengung yang Disertai Vertigo
Sumber: Obattelingaberdengung.com

Info Sehat / 20 January 2015

Kalangan Sendiri

Waspadai Serangan Telinga Berdengung yang Disertai Vertigo

Lori Official Writer
28159
Apakah Anda pernah mengalami sebelah telinga berdengung disertai dengan tekanan dalam telinga? Barangkali Anda sedang terserang penyakit Meniere atau salah satu gangguan yang terjadi pada telinga bagian yang menyebabkan kemampuan pendengaran hilang dan merasakan bising di sekeliling. Penyakit ini banyak menyerang mereka yang berusia antara 40-50 tahun, kendati begitu tak tertutup kemungkinan dialami oleh siapapun termasuk anak-anak.

Komplikasi

Seperti dilansir dari Mayoclinic.org, penderita penyakit Meniere akan merasakan gejala-gejala serupa pada penyakit vertigo atau pusing pada bagian kepala. Saat mengalami hal ini seseorang terpaksa harus berbaring dan berhenti melakukan aktivitas, dan bahkan mereka akan mengalami stres.

Penyakit Meniere yang disertai vertigo ini biasanya akan menyebabkan penderita:

- Terjatuh akibat hilangnya keseimbangan tubuh

- Mengalami masalah fatal saat mengemudi atau mengerjakan hal-hal yang berat

- Meningkatkan depresi dan kecemasan, serta

- Gangguan pendengaran permanen

Pengobatan khusus penyakit Meniere

1. Bagi penderita penyakit Meniere yang disertai dengan vertigo dengan mual dan muntah, penderita dapat meminum obat pereda mual. Sedang bagi mereka yang sudah muntah parah, disarankan untuk segera dirujuk ke rumah sakit untuk mencegah dehidrasi yang akan ditimbulkan.

2. Bagi penderita Meniere disertai dengan radang telinga bagian dalam, disarankan untuk mendapatkan suntukan steroid secara bertahap untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan pada telinga bagian dalam.

3. Untuk gangguan pedengaran, penderita Meniere disarankan untuk memasang alat bantu pendengaran. Untuk telinga berdengung (tinitus) pasien disarankan menggunakan telinga busi dan menghindari suara keras di sekitarnya.

4. Untuk dampak penyakit Meniere yang paling parah adalah hilangnya pendengaran secara permanen. Dan solusi terbaik yang dapat membantu penderita untuk mengembalikan pendengarannya adalah dengan operasi untuk memotong saraf vestibular yang menghubungkan sensor keseimbangan dan gerakan dalam telinga bagian dalam ke otak (saraf vestibular).  Langkah ini bisa memperbaiki gangguan pendengaran akibat vertigo.

Perawatan juga dapat membantu Anda menangkal serangan penyakit Meniere. Dimulai dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti menghindari  rokok, makan teratur, dan belajar mengelola stres dan kecemasan.  

Sumber : Mayoclinic.org/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami