Paus Fransiskus Kecam Serangan Brutal Charlie Hebdo
Sumber: Kompas.com

Internasional / 9 January 2015

Kalangan Sendiri

Paus Fransiskus Kecam Serangan Brutal Charlie Hebdo

Lori Official Writer
3531
Pemimpin Gereja Katolik, Paus Fransiskus mengecam insiden penembakan brutal kantor Charlie Hebdo di Paris, Prancis, Rabu (7/1), yang mengakibatkan 12 orang tewas termasuk pekerja majalah dan aparat keamanan. Paus  bahkan mengutuki serangan itu sebagai penembakan ‘keji’.

“Ini adalah tindakan kekerasan ganda, keji karena itu adalah serangan ganda baik terhadap orang lain dan kebebasan pers,” ujar wakil juru bicara Vatikan, Pastor Ciro Benedettini, seperti dilansir Rte.ie, Rabu (7/1).

Ia sempat mengatakan Paus kemungkinan akan mengeluarkan pernyataan tertulis yang akan dikirim kepada Uskup Agung di Paris.  

Senada dengan itu, kepala juru bicara Vatikan, Romo Federico Lombardi menyampaikan bahwa Paus Fransiskus benar-benar mengecam keras serangan mengerikan itu. Paus juga menyampaikan seruan agar setiap orang tidak menyebar kebencian karena sangat merusak dasar hidup berdampingan secara damai selain kebangsaan, perbedaan agama dan kebudayaan. “Apapun alasannya, kekerasan adalah keji dan tidak dibenarkan,” lanjut Lombardi.

Paus bahkan menunjukkan kesedihannya dengan ikut dalam doa dan belasungkawa bagi korban yang terluka serta keluarga yang tewas. Hal ini menunjukkan dukungan kerohanian dan bentuk perjuangan Paus bagi perdamaian, keadilan dan hukum.

Selain itu, tragedi ini bahkan mengudang kecaman dari sejumlah pemimpin dunia, termasuk Presiden Amerika Barrack Obama dan Presiden Rusia Vladimir Putin, yang mengaku terkejut dengan tindakan terorisme itu.

Di Prancis sendiri, jutaan orang berkumpul di Republique Square, tidak jauh dari tempat kejadian, dan berduka atas seluruh korban penembakan Charlie Hebdo. Tak pelak, negara-negara Eropa bersatu hati mengutuki serangan itu dan mengungkapkan dukungan kepada Perancis serta menjanjikan perjuangan melawan terorisme.

Seperti diketahui, tragedi penembakan brutal itu terjadi di kantor majalah satir Charlie Hebdo, Rabu (7/1) kemarin. Berdasarkan berita yang dihimpun pelaku serangan dilakukan oleh dua orang bersenjata Kalashnikov dan meluncurkan roket tepat ke kantor majalah tersebut. Pemerintah Prancis masih tetap melakukan penyelidikan dan pencarian terhadap para pelaku.

Sumber : Antaranews.com/Rte.ie/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami