Kapal Asing Ilegal Rugikan Indonesia di Sektor Lain

Nasional / 5 January 2015

Kalangan Sendiri

Kapal Asing Ilegal Rugikan Indonesia di Sektor Lain

daniel.tanamal Official Writer
2919
<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]-->

Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti membuka fakta baru mengenai aksi kapal-kapal asing di Indonesia. Menurutnya kapal-kapal tersebut tidak hanya melakukan penangkapan ikan secara ilegal, namun juga merugikan negara dari sektor lain.

Susi menemukan bahwa kapal-kapal asing juga membantu menyelundupkan barang-barang hasil perburuan ilegal. "Di Papua, mereka bawa tanduk rusa dan kulit buaya. Itu dibawa keluar," ujar Susi di Jakarta, Senin (5/1/2015).

Dirinya juga curiga bahwa dalam takaran yang lebih kronis, kapal asing membawa barang-barang yang dilarang masuk ke Indonesia, seperti miras dan narkoba. "Miras juga masuk lewat kapal ini, bisa saja narkoba juga. Jadi illegal fishing ini bukan hanya soal pencuri ikan, melainkan juga hal lain, seperti human trafficing. Banyak hal lain yang belum dibongkar satu per satu," kata dia.

Untuk itu Susi menyatakan bahwa pemerintah harus melakukan penegakan hukum yang tegas bagi kapal-kapal asing yang masuk ke perairan Indonesia. Pasalnya, kata dia, hanya dengan cara itulah, kapal-kapal asing nantinya tak lagi berani seenaknya masuk ke wilayah Indonesia.




<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-fareast-language:EN-US;} </style> Halaman : 1

Ikuti Kami