Jarak Rumah-Kantor Pengaruhi Produktivitas Kerja

Jarak Rumah-Kantor Pengaruhi Produktivitas Kerja

Lori Official Writer
10465

Banyak dari para pekerja membuang waktunya hingga berjam-jam di jalan menuju tempat kerja atau kantor. Jarak rumah-kantor yang relatif jauh,  memaksa sejumlah karyawan berkorban melakukannya.
Namun apakah Anda merasakan dampak negatif apa saja yang timbul dari kebiasaan itu bagi produktivitas kerja Anda? Hasil penelitian menemukan bahwa jarak jauh antara rumah ke kantor menyebabkan beberapa hal berikut:

Rentan mengalami stres
Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Umea di Swedia menemukan, perjalanan jauh antara rumah dan kantor lebih dari 48 kilometer per hari bisa membunuh pekerja secara perlahan. Penelitian yang dipimpin oleh pengamat sosial Swedia, Erika Sandow ini menyebut bahwa pekerja rentan terserang beragam penyakit seperti tekanan darah tinggi, stres, dan penyakit jantung. Sehingga pekerja akan lebih cenderung sering izin kerja.

Tingkat kebahagiaan rendah
Semakin lama waktu tempuh rumah ke kantor, maka waktu yang bisa dihabiskan untuk hubungan sosial akan semakin berkurang. Hal ini didasarkan oleh penelitian yang dilakukan untuk indeks kesehatan Gallup-Heathways Well-Being. Selain itu, menempuh jarak lebih dari 90 menit lamanya hanya akan merugikan baik dalam hal fokus kerja, dana dan waktu.

Terjebak macet
Nah, menjadi rahasia umum bahwa macet kerap dirasakan oleh karyawan yang bekerja di ibu kota seperti Jakarta. Setiap perusahaan tentu menetapkan managemen waktu bagi karyawannya agar lebih disiplin bekerja, demikian dengan kedisiplinan Anda tiba di kantor. Akan menjadi berbahaya bila Anda sudah kerap kali datang terlambat ke tempat kerja. Untuk itu, jika kemacetan menjadi persoalan setiap kali Anda bekerja, maka Anda harus rela berkorban dengan bangun lebih dini dan berangkat di saat jalanan masih bebas hambatan.

Semangat kerja menurun
Berangkat setiap pagi sedini mungkin dan tiba di rumah larut malam, pada akhirnya akan mempengaruhi stamina Anda. Rasa lelah yang dialami saat menempuh perjalanan jauh dari rumah ke kantor tentu akan membuat semangat Anda sedikit menurun sebelum memulai aktifitas.
Dilematis memang bila kondisi memaksa Anda untuk berkorban menempuh jarak jauh bekerja setiap hari. Namun alangkah baiknya bila memilih untuk berpindah domisili atau memilih untuk menyewa kamar kosan yang dekat dengan kantor Anda, kendati berisiko berjauhan dengan keluarga.

Baca Juga Artikel Lainnya:

Pilih Mana? Kost, Rumah Bedeng, Atau Kontrak Aja?

Karyawan Boros Rentan Galau di Akhir Bulan

Tiga Kesalahan Penyebab Besarnya Pengeluaran Bisnis

Minta Jokowi Mundur, Ahok: Gerindra Konyol

Ahok: Capres Kita Makin Bagus Debatnya

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls

Ikuti Kami