Minimalisir Golput, KPU Gelar Lomba Berhadiah

Minimalisir Golput, KPU Gelar Lomba Berhadiah

Lori Official Writer
2027

Berbagai upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat pemilih bahkan harus dilakukan demi menyukseskan pemilihan legislatif pada 9 April 2014 nanti. Seperti halnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung Jawa Tengah yang melakukan lomba berhadiah.

KPU Temanggung menjanjikan hadiah uang  bagi daerah dengan partisipasi tertinggi dalam pemilihan. “Bagi penyelenggara pemilu, mulai tingkat TPS, PPS dan PPK, dengan partisipasi pemilih tertinggi akan kami beri hadiah uang insentif,” ujar Ketua KPU Temanggung, Sujatmiko, seperti dilansir Kompas.com, Senin (7/4).

Sujatmiko memastikan upaya ini akan mampu meminimalisir pemilih yang tidak menggunakan hak pilihnya atau golongan putih (golput). Berkaca dari pengalaman saat pemilihan Gubernur Jawa Tengah pada 2013 silam. Lomba ini diakui berhasil menjadikan Temanggung sebagai wilayah pemilih tertinggi se-Jawa Tengah.

Kendati begitu, KPU menegaskan penyelenggara terpilih dinilai dari tingkat partisipasi pemilih di TPS serta tingkat suara sah dan tidak sah. Tak hanya di daerah ini, namun  Kota Bandung juga melakukan hal serupa.

Menyikapi besarnya kemungkinan masyarakat pemilih yang golput, maka upaya ini diharapkan dapat menyedot perhatian. Meski harapan terbesar dalam pemilihan kali ini adalah terciptanya kondisi pemilihan yang kondusif dan bebas dari kecurangan-kecurangan.  


Baca Juga Artikel Lainnya:

Ridwan Kamil Gelar Lomba Panitia TPS Terunik

Presiden SBY Tetapkan 9 April Hari Libur Nasional

Anwar Ibrahim Curigai Pemerintah Tutupi Informasi MH370

Kunjungi Iwan Fals, Jokowi: Saya Datang Sebagai Jokowi

Setelah Bertengkar, Ingatlah Untuk Selalu Pulang

Sumber : Kompas.com/jawaban.com/ls

Ikuti Kami