Rokok, Sejarahnya Dalam Dunia dan Alkitab
Sumber: Tribunnews.com

Kata Alkitab / 6 February 2014

Kalangan Sendiri

Rokok, Sejarahnya Dalam Dunia dan Alkitab

Lois Official Writer
11760

Lama sebelum Christopher Columbus memijakkan kakinya di Dunia Baru, para Indian di sana tumbuh dengan mengisap tembakau. Hal ini menarik perhatian Columbus sehingga dia membawa pulang tembakau tersebut sebagai salah satu hadiah.

Tidak lama setelah itu, hal ini menjadi kebiasaan di Eropa. Setiap orang menghisap tembakau. Untuk membeli tembakau, para penduduk Eropa harus membeli mahal dan mengekspor pohon tembakau dari Amerika.

Namun, kecintaan pada pohon tembakau itu merupakan kesalahan dari awalnya. Pada awal abad ke-17, himbauan agar menghentikan rokok karena dapat membahayakan kesehatan makin meningkat. Sebelum 1960, para ilmuwan menemukan bahwa merokok dapat menyebabkan kanker paru-paru, penyakit hati, dan masalah kesehatan lainnya. Pada 1985, lebih dari 30.000 penelitian untuk merokok dan efeknya bagi kesehatan dipublikasikan ke seluruh dunia.

Saat itu, 42 persen dari orang dewasa di Amerika yang merokok berhenti pada awal 1960, lalu turun hanya 26 persen pada tahun 1980-an. Bertahun-tahun, perusahaan rokok menghabiskan jutaan dolar untuk memasang iklan tentang keglamoran, aktivitas yang canggih. Investasi mereka terbayar, makin banyak remaja yang merokok dan makin meningkat tiap tahun.

Nikotin dalam rokok membuat ketagihan sama seperti kokain dan heroin, hal ini ditemukan oleh US Surgeon General. Itu sebabnya orang terus merokok meski tahu bahayanya.

Bagi kita yang telah mengenal kebenaran, semua hal yang berhubungan dengan kedagingan harus dilepaskan, karena kita tidak lagi berasal dari dunia ini. Tapi bagaimana caranya? Padahal sudah ada keterikatan yang begitu dalam.

Minta Tuhan

Mintalah pada Tuhan untuk menunjukkan bagaimana harus memulai. Lalu cari setiap ayat dan tuliskan jawaban pertanyaan tersebut. Tidak ada jawaban yang benar atau salah. Yang terpenting adalah keinginan kita agar Tuhan menunjukkan pada kita kehendak-Nya dan sumber-Nya bagi hidup kita.

Saling Tolong-Menolong

Bantulah rekan yang lain yang juga ingin berhenti (atau mereka yang seharusnya berhenti tapi belum mau). Ini adalah salah satu cara untuk saling mendukung dan bersama-sama berhenti merokok. Ini akan membantu Anda berpikir tentang perilaku merokok Anda sendiri. Hal ini membantu juga menemukan apa yang Alkitab katakan tentang hal tersebut.

Ini Beberapa Ayat yang Bisa Membantu

Segala sesuatunya halal, tapi tidak semuanya berguna. Karena itu, jangan biarkan diri Anda diperhamba oleh rokok dalam hal ini ([kitab]ikori6:12[/kitab])

Jangan mau lagi dikenakan oleh kuk perhambaan ([kitab]galat5:1[/kitab])

Mematikan segala sesuatu yang duniawi di dalam dirimu, salah satunya yaitu hawa nafsu dengan berbagai macam bentuknya termasuk kecanduan akan rokok. ([kitab]kolos3:5[/kitab])

Berusahalah sebaik mungkin untuk terus memperbaharui diri kita sehingga kita semakin serupa dengan Kristus, sang Penebus. Jadikan ini sebagai tantangan untuk terus maju dan makin baik dari hari ke hari di dalam segala keadaan.

 

Baca juga :

Otak dalam Bahaya Jika Sering Begadang

Hari Ini Di Sini Jual Ikan Segar

10 Makanan Bentuk Hati Untuk Orang Terkasih

Tipe Tontonan yang Tidak Baik Untuk Anak

Ingin Jadi Presenter Sepak Bola? Ini Caranya

Sumber : cbn.com-jawaban.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami