Agum Gumelar: Pemilu Harus Punya Tiga Unsur Pendukung
Sumber: Viva.co.id

Nasional / 27 February 2014

Kalangan Sendiri

Agum Gumelar: Pemilu Harus Punya Tiga Unsur Pendukung

Lori Official Writer
5054

Mantan Menteri Perhubungan Indonesia Agum Gumelar turut berkomentar seputar perhelatan pesta rakyat yang akan digelar pada bulan April 2014 nanti. Ia  berpendapat bahwa kesuksesan pemilu tahun ini ditentukan oleh tiga unsur yang mendasar.

Agum yang saat ini menjabat Ketua Umum Ikatan Alumni Lemhanas menuturkan, “Ketiga unsur itu adalah KPU, partai politik dan rakyat”.  Unsur yang pertama, KPU  diharap menjalankan tugasnya selaku penyelenggara Pemilu sesuai dengan Undang-undang Dasar 1945.

Unsur kedua, Partai Politik (Parpol) berperan penting lantaran sebagai peserta Pemilu. Parpol diharap tidak hanya sekedar mementingkan kemenangan di Pemilu, namun lebih daripada itu untuk tujuan  memajukan bangsa. “Kalau kita ihat dari Pilkada yang diikuti parpol orientasinya hanya untuk menang. Alangkah baiknya disamping orientasi menag Pilkada, kadernya  punya keinginan mmebawa sebuah daerah maju,” katanya.

Sedang unsur terakhir yang terpenting adalah rakyat. Dalam Pemilu, rakyat yang secara langsung memilih pemimpin yang tepat dan mampu memimpin rakyat. Sehingga tak ada kekecewaan di kemudian hari bagi rakyat lantasan dinilai salah memilih.

Terkait maraknya pencalonan calon Presiden (capres) di Pemilu 2014, Agum mengingatkan agar pilihan untuk maju dilandasi oleh rasa untuk memberikan pengabdian pada bangsa.  “Keinginan seperti itu harus dilandasi untuk kepentingan mengabdi. Jangan semata mencari kekuasaan. Tapi jadikan ajang pengabdian,” pungkasnya.

Saat ini, atmosfer politik menjelang Pemilu 2014 sudah semakin terasa, banyak parpol yang mulai mendeklarasikan para calon Presidennya. Namun kiranya pemimpin-pemimpin baru itu mengambil keputusan maju hanya demi kepentingan rakyat, orang-orang yang akan tepat memimpin bangsa ini.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Anggota DPR Sekarang Lebih Akuntabel Daripada Periode Lalu

Sidang Perdana Wawan Diagendakan Ulang

Presiden Uganda Jatuhi Hukuman Seumur Hidup Bagi Homoseksual

The Art Of Marriage

Sumber : Tribunnews.com/Jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami