Gunung Kelud Akhirnya Meletus Juga

Nasional / 14 February 2014

Kalangan Sendiri

Gunung Kelud Akhirnya Meletus Juga

Budhi Marpaung Official Writer
3624

Setelah menunjukkan sejumlah tanda akan erupsi di beberapa pekan terakhir kemarin, Gunung Kelud di Kabupaten Kediri, Jawa Timur akhirnya meletus, Kamis (13/2/2014) malam WIB. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan erupsi terjadi pertama kali pada pukul 22.50 WIB.

"Hujan abu, pasir, dan kerikil diperkirakan hingga di radius 15 km, khususnya di barat hingga barat daya dari Gunung Kelud. Puncak gunung terlihat kilat terus-menerus yang mengindikasikan erupsi terus berlangsung," ucap Sutopo kepada wartawan, Kamis malam.

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Sutopo meminta masyarakat yang tinggal dekat Gunung Kelud untuk mengungsi dengan tertib dan tidak panik. Di sisi barat sendiri, masyarakat sudah mengungsi di Kecamatan Wates, Ponggok, Sanan Kulon, Gurah, Pare, dan kecamatan lainnya. "Warga diimbau tetap berada di dalam ruangan," tuturnya.

Saat berita ini ditulis, tingkat erupsi Gunung Kelud sudah mulai mereda, hujan abu dan kerikil pun mulai berkurang intensitasnya.

Baca juga :

Gunung Kelud Akan Erupsi, Warga Siap Mengungsi

Redam Amarah Dengan Minum Air Putih

Piala Dunia 2014 : Profil Timnas Italia

Cinta itu Memaafkan

Kopdar Perdana Seru Awal 2014

Join IMAGO Festival 2014  

Sumber : kompas.com; merdeka.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami