6 Cara Tetap Fit Bekerja di Malam Hari
Sumber: health.kompas.com

Fit & Charming / 18 December 2014

Kalangan Sendiri

6 Cara Tetap Fit Bekerja di Malam Hari

Tiurma Ida Purba Official Writer
6793

Bekerja di malam hari dan tidur di siang hari adalah suatu tuntutan pekerjaan. Biasanya perusahaan memberlakukan shift malam agar operasional perusahaan tetap berjalan. Anda harus cermat menjaga kesehatan jika bekerja di malam hari. Karena kondisi tubuh yang tidak biasa   tidur di siang hari dan kebiasaan makan di malam hari bisa jadi pemicu anda terkena penyakit yang mematikan seperti kanker dan jantung. Berikut ini tips untuk anda agar tetap fit untuk bekerja di malam hari :

1.   Memodifikasi Jam Tubuh

Anda sebaiknya harus membiasakan tubuh anda untuk bekerja di malam hari dan beristirahat di siang hari. Jika anda sudah memodifikasi jam tubuh anda, maka anda akan membiasakan hidup sehat walaupun bekerja di malam hari.

 

2.    Mengubah Diet

Menjaga pola makan di malam hari sangat dianjurkan bagi anda yang bekerja di shift malam. Cobalah untuk makan malam maksimal jam 8 malam dan konsumsilah makanan ringan antara jam 12 siang sampai jam 6 sore. Wah cukup sulit ya untuk menghilangkan kebiasaan makan saat bekerja di malam hari, apalagi saat cacing-cacing di dalam perut berteriak membutuhkan makanan. Namun, anda tetap harus berjuang demi kesehatan anda.

 

3.   Aktifkan Fisik Anda

Anda harus mengaktifkan fisik anda saat bekerja di malam hari. Cobalah lakukan jalan di tempat agar tubuh anda tetap fit dan sehat. Lakukanlah dengan berulang-ulang dengan jarak per dua jam. Jika anda memiliki waktu istirahat, cobalah untuk menenangkan pikiran anda dengan tidur sejenak.

 

4.   Jangan Minum Minuman Berenergi

Minuman berenergi memang membantu anda untuk bertenaga bekerja di malam hari. Namun, biasanya minuman berenergi banyak mengandung kafein yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Cobalah untuk memperbanyak minum air putih. Tubuh membutuhkan air putih agar tidak terjadi dehidrasi.


5.  Jangan Makan Cemilan

Cobalah untuk menahan rasa untuk ngemil. Cemilan-cemilan yang tidak sehat dapat membuat tubuh anda  terserang penyakit. Hindarilah makanan-makanan berminyak seperti gorengan. Jika anda ingin ngemil, sebaiknya pilih buah untuk menemani shift malam anda.

 

6.   Postur Tubuh Saat Bekerja

Postur tubuh saat bekerja sangat menentukan produktivitas pekerjaan anda. Pilihlah posisi yang nyaman untuk menunjang pekerjaan anda. Jika anda bekerja di depan komputer, berilah waktu 5 menit untuk mata dapat beristirahat. Posisi duduk juga dapat mempengaruhi kesehatan anda.

 

Inilah 6 tips agar anda tetap fit saat bekerja di malam hari. Kesehatan memang murah jika dilakukan dengan cara yang benar. Namun akan menjadi mahal ketika anda menghiraukannya dan ketika anda terkena suatu penyakit. Semoga dapat bermanfaat dan tetap utamakan kesehatan anda.

Sumber : berbagai sumber/by tiur
Halaman :
1

Ikuti Kami