5 Tips Cerdas Hadapi Anak Susah Minum Obat
Sumber: ciricara.com

Parenting / 13 December 2014

Kalangan Sendiri

5 Tips Cerdas Hadapi Anak Susah Minum Obat

Tiurma Ida Purba Official Writer
3994

Menjadi orang tua memang tidak mudah. Dibutuhkan keahlian khusus dan kesabaran dalam mengasuh anak. Apalagi ketika anak susah minum obat. Mungkin ada rasa kesal dan bingung bagaimana cara membujuknya? Kebanyakan anak memang tidak menyukai obat. Hal ini disebabkan karena memang ada beberapa obat yang rasanya pahit. Namun, jangan khawatir berikut ini ada beberapa tips bagi para orang tua supaya anak anda mau minum obat :


1.  Iming- iming Hadiah

Anak- anak sangat menyukai hadiah. Nah, mungkin dengan cara ini anak anda dapat minum obat. Biasanya para orang tua akan memberikan hadiah yang disukai anak setelah minum obat.  Cobalah membelikannya mainan atau barang yang sedang di inginkannya sebagai hadiah.


2.   Teknik Sisipan

Ini adalah teknik sisipan yang suka dipakai orang tua. Caranya adalah bila anda memberikan 3 sendok bubur, maka sendok yang keempat adalah obat. Kemudian lanjutkanlah dengan bubur. Namun, anda juga harus memberikan pengertian bahwa di sendok keempat adalah obat.


3.   Alihkan Perhatian Anak

Dengan mengalihkan perhatian anak dan menyuapkan obat ke dalam mulutnya. Anda dapat mengalihkan perhatiannya dengan cara menonton tv bersamanya . Jika anak merasa dijebak dan esoknya anda harus memberikan obat lagi, maka anda dapat mengalihkan perhatiannya dengan cara lain.


4.   Main Dokter-dokteran

Cobalah untuk bermain dokter-dokteran, cara ini dapat sekaligus mendidik anak. Jadikan anak sebagai dokternya dan boneka kesayangannya sebagai pasiennya. Nah, kemudian anda dapat memberikan penjelasan kepadanya bahwa pasien harus minum obat ketika sedang sakit. Dengan demikian, anak anda akan merasa dengan sukarela mau minum obat.


5.   Beri Pengertian

Memberikan pengertian kepada anak adalah cara yang paling baik. Berbicara dari hati ke hati. Cobalah untuk menjelaskan pentingnya obat. Buatlah perbandingan dengan mencontohkan kondisi sekarang dan setelah minum obat.


Memaksakan anak minum obat dengan cara yang keras akan menimbulkan trauma yang mendalam. Cobalah dengan 5 cara diatas. Bila, satu cara tidak berhasil maka anda dapat memakai 2 cara. Jangan takut untuk mencoba sesuatu yang baik untuk kebaikan anak. Semoga cara ini dapat membantu anda.

Sumber : berbagai sumber/by tiur
Halaman :
1

Ikuti Kami