7 Cara Cerdas Mengatasi Persaingan Bisnis
Sumber: johanes-budi-walujo.blogspot.com

Entrepreneurship / 11 December 2014

Kalangan Sendiri

7 Cara Cerdas Mengatasi Persaingan Bisnis

Tiurma Ida Purba Official Writer
23216

Menjalankan usaha tidaklah mudah, anda harus mampu bersaing. Banyak hal yang harus dipertimbangkan untuk membangun usaha. Mulai dari mental, modal dan ide harus anda persiapkan. Jangan sampai di tengah jalan, anda kekurangan ide untuk mengembangkan usaha anda, sehingga menyebabkan anda bangkrut dan mengalami kerugian. Berikut ini ada beberapa cara cerdas agar bisnis anda dapat bersaing di tengah persaingan yang ketat  :

#Pelajari Perilaku Kompetitor Usaha

Hal yang pertama anda lakukan adalah dengan mengamati perilaku pesaing usaha anda (kompetitor). Anda harus memperlajari  apa saja yang membuat produk mereka di minati banyak masyarakat. Anda juga harus mempelajari kapan mereka ramai atau sepi dikunjungi konsumen. Hal ini akan menjadi strategi usaha yang bisa anda lakukan.

#Pahami Karakter Usaha Anda

Langkah kedua adalah anda harus memahami karakter usaha anda. Ini bertujuan agar anda dapat mencapai target pasar. Ingat dan lakukanlah prinsip ekonomi yaitu mengeluarkan modal sekecil-kecilnya untuk mendapatkan untung sebesar-besarnya.

#Amati, Tiru dan Modifikasi

Cobalah untuk mengamati perilaku pesaing, tirulah cara tersebut, dan modifikasi untuk usaha anda. Cara ini sudah banyak dilakukan untuk mengembangkan usaha. Hal ini biasa dilakukan bagi pemain baru.

#Beri Potongan Harga (Diskon)

Berilah potongan harga untuk menarik minat masyarakat. Diskon merupakan senjata ampuh untuk meningkatkan penjualan. Minat beli masyarakat biasanya meningkat pada hari jumat,sabtu dan minggu. Untuk hari-hari besar biasanya seperti Idul Fitri, Natal dan Imlek.

#Cari Mitra Usaha

Untuk menekan modal usaha, anda bisa mencari mitra usaha. Mitra usaha berguna untuk menanam modal di usaha kita. Atau dengan menjalin kerjasama, anda juga bisa menekan biaya iklan produk usaha anda.

#Ramah dan Mau Membantu

Pelayanan merupakan hal yang sangat mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen. Maka dari itu tiap perusahaan harus memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya.

#Jujur

Ini adalah hal yang paling penting dalam segala sesuatu. Jangan pernah mencoba untuk membohongi konsumen. Karena konsumen sangat membutuhkan kejujuran dari setiap produk yang dibelinya.

Sebaiknya setiap para wirausaha harus mempertimbangkan hal-hal diatas. Jangan pernah untuk mengabaikan hal – hal kecil yang berhubungan dengan konsumen. Karena hal-hal besar bisa terjadi dimulai dari hal yang kecil. 

Sumber : berbagai sumber/by tiur
Halaman :
1

Ikuti Kami