11 Nasihat Saat Berada di ‘Titik Terbawah’ Kehidupan
Sumber: Google

Kata Alkitab / 9 December 2014

Kalangan Sendiri

11 Nasihat Saat Berada di ‘Titik Terbawah’ Kehidupan

Theresia Karo Karo Official Writer
89613
Ada saatnya kita merasa hidup sedang tidak bersahabat atau merasa berada pada titik terbawah kehidupan. Baru selesai menyelesaikan masalah di tempat kerja, di rumah hubungan keluarga terkesan dingin, belum lagi pertengkaran dengan pasangan, semuanya seakan membuat kita seperti ingin menyerah.

Saat kita berada pada titik terendah dalam hidup, pernahkah sejenak kita mengucap syukur atas hal-hal yang terjadi dalam? Atau pernahkah kita melihat ke luar? Bisa saja mereka memiliki masalah yang lebih besar dari anda. Semua orang pasti memiliki masalah, namun tidak semua orang memilih untuk terpengaruh dengan kendala yang dihadapinya. Bagaimana bisa? Karena kehidupan akan terasa lebih mudah saat anda mengingat 11 nasihat ini:

Wajib Berdamai dengan Masalah
Pertama yang harus dilakukan adalah kita wajib berdamai dengan masalah. Entah itu pekerjaan, hubungan keluarga, finansial dan semuanya bila tidak diselesaikan satu persatu hal ini hanya akan menjadi beban berat di punggung anda. Bukan tidak mungkin masalah-masalah ini menghambat kita untuk maju. Berikan waktu sejenak untuk berpikir, tanyakan pada diri anda apa kondisi saat ini dapat diubah? Temukan dan coba menyelesaikannya. Jangan mengabaikannya, karena mungkin anda akan menemui hal yang sama di masa depan.

Sadari dan Perbaiki Diri
Mengubah keadaan dimulai dari perbaikan diri sendiri. Tahukah anda bahwa segala sesuatu yang ada di sekitar anda adalah refleksi dari diri sendiri. Bila anda merasa mengalami banyak masalah dan hidup terkesan berantakan, maka periksa kembali diri anda. Mungkin semuanya terjadi karena anda belum tepat dalam menetapkan diri.

Bukan Gagal, Hanya Belum Berhasil
Pernahkan kita mendengar bahwa, “kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda.” Sekarang, lihatlah kehidupan orang-orang sukses yang ada di seluruh dunia. Apakah kita menemukan bahwa mereka semua langsung sukses, atau tidak pernah menemukan kegagalan? Warren Buffet, Elon Musk, dan semua orang sukses lainnya menggunakan kegagalan sebagai batu loncatan untuk maju. Temukan kembali keyakinan, perbaiki kesalahan sehingga saat kembali mencoba anda dapat berhasil.

Tetaplah Berpikiran Positif
Saat anda dapat mengatasi rasa kecewa, banyak hal baik yang akan datang menghampiri. Mungkin hal ini terdengar klise, namun bila berhasil cara ini ampuh untuk menenangkan hati. Ketika kembali melihat perjalanan hidup, anda akan melihat banyak hal-hal luar biasa yang sudah terjadi, yang mungkin dulu tidak terbayangkan oleh anda. Percayalah bahwa dibalik ketidakberhasilan ini, sudah ada rencana-rencana baik yang menanti anda.
 
Nikmati Kehidupan yang Sekarang
Berusahalah untuk mengabaikan masa lalu atau terlalu mengkhawatirkan masa depan, karena anda berhak untuk menikmati kehidupan saat ini. Semua ada waktunya, oleh sebab itu nikmati setiap moment berharga yang di jalani saat ini. Karena terlalu memikirkan masa lalu atau terlalu terobsesi pada kesuksesan masa depan, kelak dapat menyebabkan penyesalan.

Jangan Biarkan Obsesi Mengendalikan Hidup
Penting memang untuk kita menemukan keinginan di masa depan. Namun bukan berarti obsesi membuat diri kita menjadi terbebani. Ingin kaya, keliling dunia, atau dihormati,  saat keinginan ini gagal diraih, maka akan sangat mudah anda menjadi kecewa dan frustasi. Pada saat itulah anda akan terperangkap dalam pikiran-pikiran negatif. Mulai dari menyalahkan diri dan keadaan, menganggap dunia tidak adil dan lain sebagainya. Ketahuilah bahwa saat anda menginginkan sesuatu, selayaknya ingat bahwa anda tetap bahagia meski tidak berhasil mendapatkannya.

Kalahkan Rasa Takut
Bukannya menghindar, justru rasa takut harusnya dikenali dan dikalahkan. Sebab melalui ‘dia’ kita dapat menemukan pengajaran terbaik. Saat kita berhasil mengalahkan rasa takut, maka hidup akan terasa lebih memuaskan.

Berhak untuk Bahagia
Tekankan hal ini, “saya berhak untuk bahagia!” Bahagia itu berasal dari diri sendiri, jangan berharap kebahagiaan anda berasal dari orang lain. Temukanlah hidup yang lebih bahagia, dengan sejenak melepaskan masalah.

Berhenti Membandingkan Diri Anda dengan Orang Lain
Bila memang butuh pembanding, jangan hanya melihat dengan orang yang berada ‘diatas’ anda, namun sesekali lihat bahwa terdapat orang-orang yang sangat ingin berada di posisi anda saat ini. Lebih baik anda fokus pada peningkatan diri daripada sibuk memikirkan keberhasilan orang lain.

Perubahan Yang Nyata
Lakukanlah perubahan nyata dalam hidup anda. Hindari pemikiran bahwa keadaan tidak dapat dirubah atau diperbaiki. Selama anda bergerak dan tidak ‘jalan ditempat’ anda mampu melakukan perbaikan yang nyata. Yang dibutuhkan adalah tekad dan usaha.

Kemungkinan Hidup Bahagia Selalu Ada
“Because you are alive, everything is possible”. Tentu anda membutuhkan kesedihan untuk bisa merasakan bahagia. Oleh sebab itu, jalani hidup anda dan percayalah bahwa kesulitan pasti akan terlewati, dan anda tidak sendiri. Karena banyak orang terdekat yang tak ragu mengulurkan tangannya. Terakhir percayalah bahwa keajaiban itu nyata.

Sumber : Hipwee/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami