Air Garam Ampuh Bersihkan Hidung

Solusi Sehat / 5 December 2014

Kalangan Sendiri

Air Garam Ampuh Bersihkan Hidung

daniel.tanamal Official Writer
4804

Ternyata air garam dapat menjadi bahan yang terbaik untuk membersihkan hidung, bukan hanya lubang hidung yang terjangkau, namun juga bagian lain yang lebih dalam. Air garam memiliki banyak fungsi, selain membersihkan kotoran, sifat garam juga dapat meniris lendir mukosa berlebih, pada hidung dan sinus.

Dalam keadaan seperti flu atau sinus, air garam juga dapat menjadi terapi penyembuh peradangan. “Nasal irigation atau cuci hidung dengan air garam ini perlu kita lakukan rutin setiap hari. Buat saja air garam dengan dua sendok teh garam yang dicampur 200 ml air. Lakukan dua hari sekali, seperti menggosok gigi,” kata dr. Rusdian Utama Roeslani, spesialis THT dari Rumah Sakit Gandaria, Jakarta.

Umumnya nasal irigation ini direkomendasikan oleh penderita sinus. Namun, menurut Dr. Rusdian, mencucui hidung juga adalah langkah promotif yang baik untuk kebersihan hidung. Mengenai air garam, ini lebih baik daripada air tawar karena sifatnya yang sama seperti cairan tubuh, akan tetapi penggunaan garam juga harus disesuaikan.

“Nasal irigation dengan air larutan garam bisa dilakukan dengan pot khusus atau alat spray. Masing-masing lubang hidung dibersihkan dengan memasukkan cairan yang harus keluar melalui lubang hidung lainnya,” tuturnya.

 

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin;} </style> Halaman : 1

Ikuti Kami