Mengenal Lebih Dekat Lee Chong Wei
Sumber: www.firstpost.com

Nasional / 1 December 2014

Kalangan Sendiri

Mengenal Lebih Dekat Lee Chong Wei

Tiurma Ida Purba Official Writer
5730

Bila anda penggemar olah raga bulu tangkis, maka  namanya atlet bulu tangkis ini tidak asing di telinga anda. Dia adalah Lee Chong Wei. Dia adalah salah satu atlet bulu tangkis asal Negeri Malaysia. Chong Wei mempunyai banyak penghargaan yang dilansir oleh Straits Time ( Rabu, 12/11/2014). Berikut fakta tentang Lee Chong Wei :

1. Cita-Cita Pebasket

Chong Wei  ternyata lebih menyukai olah raga basket. Namun, Khor Kim Choi, ibu dari Chong Wei tak mendukung cita-citanya itu. Di usia 10 tahun, ayahnya Lee Ah Chai membawanya ke sekolah bulu tangkis dan mendukung Chong untuk menjadi atlet bulu tangkis kelas dunia.

 

2. Kehidupan Pribadi

Chong menikah dengan Wong Mew Choo pada tahun 2012. Mereka dipertemukan saat keduanya menjadi pemain cadangan di tim nasional Malaysia. Chong mengumumkan hubungannya dengan Wong pada tanggal 9 Novemer 2012 dan sudah memiliki anak pertama yaitu Kingston pada bulan Agustus 2013.

 

3. Penghargaan

Chong meraih gelar perdana pada tahun 2003. Dia mendapat 55 penghargaan. Salah satunya adalah mengalahkan Lin Dan pada final Malaysia Open 2005. Tak hanya itu saja Chong  yang pada saati itu berumur 32 tahun, juga pernah menjuarai turnamen yang bertajuk Super Series Masters Finals sebanyak 4 kali pada tahun 2008, 2009, 2010, 2013. 

Dari tahun 2009-2013 Chong menduduki peringkat satu dunia selama kurang lebih 300 pekan dan sebanyak empat kali dinobatkan menjadi pemain terbaik.

 

4. Rivalitas Epik vs Lin Dan

Lin Dan, pemain usia 31 tahun asal China yang dijuluki Super Dan ini dianggap pemain terbaik dari generasinya. Lin Dan pernah memegang rekor superior 23-9 melawan Chong Wei pada tahun 2008 dan 2012.

 

5. Gelar Datuk

Kesuksesannya mengharumkan nama Malaysia, Chong dianugerahi gelar Datuk oleh Darjah Setia Pangkuan Negeri (DSPN) oleh negara bagian Penang pada bulan Agustus 2008. DSPN khusus memberikan gelar individu terhadap warganya yang sudah memberikan kontribusi layanan untuk negara. Gelar yang diberikan pun terbatas hanya 800 orang saja. Yang sudah memiliki gelar Datuk akan mendapatkan pesangon seumur hidup sebesar tiga ribu Ringgit Malaysia atau sekitar 11 juta per bulan.

Namun, sangat disayangkan Chong harus mendapat sanksi untuk sementara sampai waktu yang belum ditentukan. Pasalnya Chong dinyatakan positif Doping. Sebagai partner bulu tangkis, Lin Dan sangat kehilangan sosok Chong Wei.

“Tak hanya publik Malaysia yang membutuhkannya, tapi segenap dunia bulu tangkis juga membutuhkannya”, tuturnya, sebagaimana dilansir Xinhua, Kamis (13/11/2014).

Lin Dan juga mengharapkan agar Chong dapat kembali sesegera mungkin ke lapangan. Semoga pemain kebanggaan asal Malaysia ini dapat bertanding lagi untuk mengharumkan nama negerinya. 

Sumber : berbagai sumber/by tiur
Halaman :
1

Ikuti Kami