5 Tips Hadapi Anak Kecanduan Nonton TV
Sumber: detik.com

Parenting / 29 November 2014

Kalangan Sendiri

5 Tips Hadapi Anak Kecanduan Nonton TV

Tiurma Ida Purba Official Writer
3393

Pusing dengan anak karena kecanduan tv? Sudah coba melarangnya namun tetap saja tidak berhasil? Jangan melarangnya, karena akan anak akan berpikir bahwa anda tidak menyayanginya. Coba dengan cara yang lebih halus, dari hati ke hati. Coba tips – tips berikut ini :

1. Menemukan Hal Menarik Lain

Cobalah menjadi orang tua yang kreatif. Buatlah anak anda tidak merasa bosan dirumah. Bebaskan mereka mencoba hal-hal yang baru. Contohnya : menari ballet, bermain piano, menggambar atau memasak. Dengan melakukan hal-hal yang belum pernah dia lakukan akan membantu perkembangan otaknya juga.

 

2.  Mengatur jam tonton anak

Disiplin adalah salah satu jalan menuju kesuksesan, sama seperti dengan anak anda. Bila anda menerapkan kedisiplinan sejak dini maka anda juga akan membimbing anak anda kepada pintu sukses. Dengan mengatur jam tonton anak, akan berdampak positif untuk merubah kebiasaannya yang kecanduan menonton tv.

 

3. Mengarahkan pada Kegiatan Outdoor

 

Jika dirumah sudah membosankan, cobalah melakukan hal-hal di luar rumah. Cobalah bermain bersama anak anda, ini dapat membantu perkembangan fisik anak anda. Contohnya : bermain basket, bermain bola, atau kejar-kejaran. Ini juga bermanfaat untuk melupakan televisi kesukaannya. Bila sudah terbiasa maka dia akan lepas dari tv.

 

4.  Mengubah Pola Asuh

Mungkin anda adalah tipe orang tua yang tidak mau melihat anak menangis. Jadi, anda suka membiarkan anak untuk menonton tv agar anak terdiam, atau karena anda sedang sibuk lalu membiarkan anak untuk duduk di depan tv sendirian. Jangan jadikan tv sebagai alternatif pengasuh. Cobalah anda menjadi pengasuh yang baik dan selalu ada bagi anak anda.

 

5.  Mendukung Hobi Anak

Cobalah untuk selalu mendukung hobi anak anda.  Misalnya anak anda punya hobi berenang atau bermain bola. Anda bisa menemani mereka saat berenang atau bermain bola. Anak anda akan merasa selalu diperhatikan dan tidak akan merasa bosan.

Anda dapat mencoba tips-tips diatas dengan berulang-ulang. Hal yang dilakukan secara berulang-ulang maka akan menjadi sebuah kebiasaan. Namun ingatlah anda harus mengajarkannya dengan penuh kasih kepada anak anda. Apapun yang dilakukan dengan penuh kasih, niscaya akan membuahkan hasil yang baik. Selamat mencoba. 

Sumber : berbagai sumber/by tiur
Halaman :
1

Ikuti Kami