Akio Nitori, Disebut Sebagai Jokowi Versi Jepang

Profile / 27 November 2014

Kalangan Sendiri

Akio Nitori, Disebut Sebagai Jokowi Versi Jepang

daniel.tanamal Official Writer
4129

Sebuah mitos industri furniture di Jepang pada akhir tahun 70-an mengatakan bahwa jika Anda memiliki 5 toko atau lebih, ujung-ujungnya hanya akan berakhir pada kebangkrutan. Karena dipercaya Anda tidak akan mungkin untuk bisa mengelola semuanya secara efektif. Namun seorang anak muda berusia belia bernama Akio Nitori berani untuk melawannya dan berhasil! Nitori muda mulai membuka bisnis furniturenya di tahun 1967 dengan membuka sebuah toko kecil.

Demi mengembangkan bisnisnya, Akio meniatkan diri untuk pergi ke California, Amerika Serikat untuk melihat dan belajar mengenai bisnis furniture dan perilaku konsumen. Ternyata keputusan ini merupakan langkah yang sangat berharga baginya. Disini Akio menemukan bahwa gaya hidup antara warga Amerika Serikat dengan Jepang sangat berbeda dalam hal pembelian furniture.

Kio melihat bahwa para konsumen Amerika Serikat pergi ke toko ritel untuk membeli furnitur dan ornamen-ornamen untuk menghias rumah mereka yang luas. Sementara warga Jepang hanya memilih seadanya untuk mengisi rumah mereka yang sudah penuh sesak. Lebih terkejut lagi bahwa disana harga furniture sangat murah. Ilmu berharga inilah yang dia bawa pulang ke Negeri Matahari Terbit. Akio muda memutuskan untuk membangun perusahaan yang membantu orang-orang Jepang hidup sama sejahtera dan sama nyamannya dengan orang Amerika.

Kini Akio memiliki 312 gerai yang tersebar di seluruh Jepang dan ia sanggup untuk tetap memegang kontrol. Bahkan Akio melalui bisnis yang diberi nama Aki-Home berhasil mengusir dominasi IKEA di Jepang. IKEA adalah rantai furniture store asal Swedia yang sudah lebih dulu mendunia. Saat ini Akio masuk ke dalam 50 orang terkaya di Jepang dengan total kekayaan senilai 1,2 miliar dolar Amerika.

Hebatnya lagi Akio dikenal sebagai pribadi yang murah hati dengansifatnya yang suka berbagi. Dirinya tercatat sebagai salah satu dari 4 filantropis terbaik Asia. Akio ikut membantu pemulihan pasca bencana gempa dan tsunami Aceh 2004 silam. Bahkan merestrukturasisasi Yubari, kota asal Nitori di Hokkaido, dengan cara mendanai penanaman ribuan pohon sakura pada tahun 2009 untuk menarik lebih banyak turis.

Sikap tangguh dan pekerja kerasnya juga ditopang dengan kedekatannya dengan banyak rakyat kecil. Membuatnya juga disamakan dengan sosok Joko Widodo, tokoh pebisnis furniture sukses dari Solo yang kini menjadi Presiden Indonesia.





<!--[endif]-->--> Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami