Belajar Wirausaha Dari Film Jiro Dreams of Sushi
Sumber: Libbieholmes.com

Entrepreneurship / 24 November 2014

Kalangan Sendiri

Belajar Wirausaha Dari Film Jiro Dreams of Sushi

Lori Official Writer
5593

Jika Anda bermimpi punya usaha yang besar, cobalah memetik beberapa pelajaran dari film dokumentasi ‘Jiro Dreams of Sushi’. Dalam film ini, Anda akan mendapati bagaimana sebuah restoran sushi milik Jiro Ono, Sukiyabashi Jiro bisa mendapat tiga bintang Michelin.

Jiro Ono, yang telah berusia 85 tahun itu terus bekerja dengan keahliannya setiap hari bersama dengan orang-orang ahli lainnya untuk membuat sushi terbaik di Jepang. Di usianya yang tak muda lagi, Jiro Ono dikenal sebagai koki sushi terbaik yang masih ada. Kenikmatan sushinya diakui oleh para pelanggan dan setidaknya satu penulis makanan terkenal.

Lalu apa kunci kesuksesan usaha yang bisa dipetik dari Jiro Ono dalam membangun restoran sushinya itu?

Jatuh cintalah dengan pekerjaan Anda

“Sekali anda memutuskan bekerja, Anda harus menenggelamkan diri dalam pekerjaan Anda. Anda harus jatuh cinta dengan pekerjaan Anda. Jangan pernah mengeluh. Anda harus mendedikasikan hidup Anda untuk menguasai keahlian Anda. Itulah rahasia keberhasilan yang menjadi kunci mendapatkan kehormatan,” kata Jiro.

Jiro sendiri adalah koki yang sangat bahagia melakukan pekerjaannya sehingga membuatnya merasa berguna meski telah berusia senja.

Bekerja dengan fokus, sederhana dan terus belajar

Restoran Sukiyabashi Jiro dikenal sebagai restoran sushi yang sangat kecil. Sebab hanya menyediakan 10 kursi saja bagi pelanggannya. Hal ini dilakukan agar pekerja fokus mempersiapkan sushi berkualitas dan melayani setiap pelanggan dengan cara terbaik. Restoran ini cukup berbeda dengan restoran lain yang menyediakan beragam hidangan.

Setiap pekerjaan itu dilakukan secara berulang setiap harinya. Namun uniknya, Jiro terus meningkatkan kreativitasnya dengan melakukan eksperimen di dapur kecilnya.

Pekerjaan membutuhkan pengorbanan

Banyak orang yang berpikiran bahwa saat melakukan pekerjaan dengan ‘penuh cinta’ maka seseorang akan terhindar dari kesulitan dan segala sesuatu akan baik. Namun, Jiro mengajarkan bahwa melakukan pekerjaan yang Anda cintai, sama seperti menjalankan usaha yang Anda minati akan sangat membutuhkan biaya mahal, terutama saat tahap awal. Dan setiap orang yang ingin sukses memang harus berani mengambil langkah kecil, dengan bersedia membayar harga tiket masuk untuk sebuah kesuksesan.

Dalam kasus Jiro, tuntutan pekerjaan membuatnya jauh dari keluarga, kehilangan momen menyaksikan anak-anak tumbuh dewasa. Dia juga harus berjuang melawan kemiskinan karena tak punya apa-apa sejak menikah dan punya anak. Namun kondisi itu berubah hari ini, Jiro bisa memperbaiki hubungannya dengan anak-anak, dengan belajar membuat sushi dari ayah mereka. Meski butuh bertahun-tahun pengorbanan untuk bisa menikmati kebahagiaan itu. Ia tak pernah lelah belajar, hingga pada akhirnya kelezatan sushi buatannya telah diakui banyak orang.

Untuk poin ketiga, Anda para pengusaha tak dituntut untuk melakukan hal serupa. Namun pelajaran penting yang dapat dipetik dari Jiro adalah kerja keras dan kemauannya yang telah menghasilkan buah yang manis. Bagi Anda pelaku usaha, kiranya pengalaman sukses Jiro Ono ini menjadi semangat bagi Anda mencapai sukses dalam usaha yang Anda idam-idamkan.

Sumber : Startupbisnis.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami