Gebrakan Dibalik Bergabungnya Raksasa Iklan OLX dan Berniaga
Sumber: Merdeka.com

Entrepreneurship / 17 November 2014

Kalangan Sendiri

Gebrakan Dibalik Bergabungnya Raksasa Iklan OLX dan Berniaga

Lori Official Writer
3796
Dua raksasa iklan baris OLX dan Berniaga kabarnya telah bergabung menyusul kesepakatan kerja sama oleh empat perusahaan besar yang menaungi website layanan iklan baris, yakni Naspers, Schibsted Media Group, Telenor Group, dan Singapore Press Holding (SPH).

Ide penggabungan ini timbul dari rencana keempatnya untuk membangun platform iklan dan jual beli online di negara Brazil, Indonesia, tahiland dan Bangladesh. Kabar penggabungan kedua raksasan iklan ini tentu mengundang perbincangan hangat bagi para pelaku internet marketing, mulai dari pembagian saham hingga target bisnis ke depan.

Dalam hal pembagian saham di tiap-tiap negara berbeda-beda. Di Indonesia sendiri, gabungan OLX dan Berniaga ini akan menggunakan entitas OLX Indonesia. Dengan kata lain, OLX dibawah induk perusahaan Naspers menjadi pemegang saham mayoritas, sebesar 64 persen sedang Berniaga di bawah indul perusahaan 701 Search mendapat 36 persen. Dengan itu, nama Berniaga akan diganti dengan OLX, termasuk situs, aplikasi dan platform yang sebelumnya ada.

Kesepakatan bisnis ini pun tengah menjalani proses persetujuan dari Komisi Eropa (European Commission) dengan target bisnis yang akan dimulai pada awal tahun 2015 mendatang. Lewat penggabungan ini, konsumen dinilai akan terbantu karena hanya akan melakukan proses pembelian dan penjualan dalam satu wajah yang menjadi tujuan iklan baris, yaitu OLX.

OLX dan Berniaga memang sudah menjadi dua marketplace terpopuler di Indonesia. Masing-masing menduduki posisi pertama dan kedua mengalahkan layanan iklan baris lainnya seperti Kaskus, Lazada dan Zalora.

Sumber : Dailysocial.net/Aktualita.co/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami